Talk Show Tabea, Manado Kota Jasa Pariwisata

Redaksi
Redaksi
2 menit Membaca
Talk Show Tabea, " Manado Kota Jasa Pariwisata".(Foto: LU-0200)

MANADO, LensaUtara.id – Pemerintah Kota Manado menggelar Talk Show Tabea, di Kantor Dinas Pariwisata Kota Manado, Kawasan Megamas, Jumat (09/08/2022).

Bertema “Manado Kota Jasa Pariwisata” talk show dengan moderator Felix Palenewen. Tampil sebagai pembicara Kepala Dinas Pariwisata Manado Esther Mamangkey yang diwakili Kepala Bidang Pengembangan Industri Pariwisata Naomi Ruru, Richard Rorong Kepala Bidang Pajak Bapenda Kota Manado, Tommy Rampengan Staf Khusus Ekonomi Kreatif, dan David Kalalo Pengusaha Pariwisata.

Talk Show Tabea, ” Manado Kota Jasa Pariwisata”.(Foto: LU-0200)

Berkerjasama dengan Aliansi Pers Manado (APM) acara dikemas dengan suasana pantai Manado yang indah, membahas berbagai langkah dan strategi menjadikan Manado sebagai Kota Jasa Pariwisata.

Salah satu titik berat pada Talk Show Tabea adalah Peraturan Daerah (Perda) penghapusan pembatasan jam operasional usaha pariwisata dengan mengubah Pasal 39 Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Kepariwisataan.

Naomi optimis pariwisata di Manado akan segera pulih setelah pandemi. “Dengan ini kami lebih rutin mengadakan pengawasan dan pembinaan kepada pelaku usaha untuk taat peraturan dan melakukan protokol kesehatan,” katanya.

Sementara Richard Rorong mengenukakan, dari Pendapatan Asli Daerah (PAD) ini akan sangat berpengaruh. “Kami selalu mendata dan mengingatkan kepada pelaku usaha agar taat pajak. Apabila tidak diindahkan setelah beberapa teguran akan dilayangkan surat penutupan sementara oleh tim gabungan. Dengan semakin membaik di sektor pariwisata akan menambah PAD Kota Manado,” ujarnya.

Sedangkan Tommy Rampengan mengatakan, langkah Pemerintah Kota Manado sudah di jalur yang benar. Tapi peraturan ini harus di tuntun, human capital harus berjalan dengan baik. “Saya berharap ada penambahan kunjungan di sektor pariwisata, khususnya hiburan malam dengan di setujuinya perda baru,” ucapnya.

Dari pelaku usaha David Kalalo, Owner Master Piece Karoke berterima kasih kepada pemerintah Manado dan DPRD Kota Manado. “Ini peluang besar bagi kami untuk melakukan pengembangan dan promo, serta program untuk mengembalikan kerugian yang dialami saat pandemi. Saya optimis ekonomi Manado akan pulih lebih cepat,” tutupnya.

Bagikan Artikel ini
Tinggalkan ulasan

Liputan Khusus

Berita, Update, Preview Pertandingan

selama Piala Dunia 2022 Qatar hanya di LensaUtara.id

adbanner