Ini 7 Atlet Bulutangkis Legendaris Asal Manado

Jeffry Pay
Jeffry Pay
2 menit Membaca
Greysia Polii bersama Liliyana Natsir saat masih berlatih di PB Pisok Manado.(Foto: spego)

OLAH RAGA bulutangkis atau badminton sudah menjadi olah raga paling populer di Indonesia sejak dulu. Dari bidang olah raga inilah Indonesia banyak sekali melahirkan atlet-atlet bulutangkis kelas dunia.

Di antara deretan atlet-atlet nasional, tersebutlah sejumlah nama atlet bulutangkis legendaris Indonesia asal Manado.
Setidaknya ada 7 nama atlet asal Manado yang telah mengharumkan nama Indonesia di dalam berbagai iven Internasional.

Ke-7 nama itu adalah Rosiana Tendean, Lius Pongoh, Lily Tampi, Deyana Lomban, Flandy Limpele, Lilyana Natsir, dan Greysia Polii. Nama Greysia Polii baru saja mengharumkan nama Indonesia di Olimpiade Jepang, dengan meraih medali emas, ketika berpasangan dengan Apriyani Rahayu.

Melihat nama-nama atlet ini, memang didominasi oleh atlet wanita. Dan seperti yang dikatakan Richard Mainaky, salah satu pelatih bulutangkis Indonesia, atlet-atlet wanita asal Manado biasanya memiliki kelebihan.

“Berdasarkan survey, rata-rata perempuan Manado orangnya cuek, pede, punya ambisi tidak mau kalah dan berani. Hal ini bisa dilihat dari zaman Rosiana Tendean, Lili Tampi, Deyana Lomban, Greysia Polii hingga Liliyana,” tutur Richard.

Melihat kenyataan bahwa banyak atlet bulutangkis asal Manado yang telah mengharumkan nama Indonesia, maka sudah sepatutnya di Manado dibentuk satu atau lebih perkumpulan bulutangkis yang profesional. Dengan harapan, Pemerintah Pusat dan terutama Pemeeintah Daerah bisa mendukung sepenuhnya.

Berkaitan dengan prestasi para atlet asal Manado itu, kita juga tidak lupa menyebut nama dua orang wartawan senior suami istri, yaitu alm. Spego Goni dan Juddy Goni-Lapian, pemilik Perkumpulan Bulutangkis Pisok Manado, yang telah membina atlet-atlet bulutangkis asal Manado sejak kecil. Pak Spego dan Ibu Juddy telah berhasil menciptakan atlet-atlet berbakat, meskipun dengan fasilitas dan biaya yang minim.(jeffry)

Sekali layar terkembang, surut kita berpantang

Spego Goni, Pendiri & Pemilik PB Pisok
Tinggalkan ulasan

Liputan Khusus

Berita, Update, Preview Pertandingan

selama Piala Dunia 2022 Qatar hanya di LensaUtara.id

adbanner