Hari Kesaktian Pancasila, Kapolri, Ketua MPR RI, Menteri hingga Gubernur DKI Hadiri Peresmian Kantor MPN Pemuda Pancasila

Kapolri: Kalau kita sudah bicara Pancasila, walaupun kita berbeda-beda kita tetap satu dan satu di dalam ideologi Pancasila

Petra Reneyvo
Petra Reneyvo
5 menit Membaca
Penekanan tombol tanda diresmikan Gedung MPN Pemuda Pancasila oleh Gubernur DKI, Anis Rasyid Baswedan (kiri), Ketua Umum Majelis Pimpinan Nasional Pemuda Pancasila Japto Soelistyo Soerjosoemarno (tengah) dan Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si.(Foto: Lucia)

JAKARTA, LensaUtara.id – Organisasi kemasyarakatan (Ormas) Pemuda Pancasila (PP) menggelar peresmian kantor Majelis Pimpinan Nasional (MPN) di Jalan Teuku Cik Ditiro, Menteng, Jakarta Pusat pada Sabtu (01/10). Sejumlah tokoh tampak menghadiri acara tersebut.

Pantauan LensaUtara.id, Gubernur DKI Anies Baswedan datang di lokasi sekitar pukul 13.00 dan mengenakan kemeja dengan motif loreng oranye khas seragam para Pemuda Pancasila. Tak lama kemudian, terlihat kehadiran Kapolri Jenderal Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si. dengan mengenakan seragam lengkap polisi.

Sambutan Kapolri pada peresmian Gedung Kantor Majelis Pimpinan Nasional (MPN) Pemuda Pancasila.(Video: Lucy)

Kedatangan Listyo dan Anies disambut sejumlah anggota kader ormas Pemuda Pancasila dan Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI Bambang Soesatyo.

Sambutan Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., (kiri) dan Gubernur DKI ANies Baswedan (kanan) pada saat peresmian Gedung Kantor MPW Pemuda Pancasila.(Foto: Lucia)

Selain Bamsoet, hadir pula Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali, Menteri Pertanian Dr. H. Syahrul Yasin Limpo, S.H., M.H., Wantimpres RI Agung Laksono, dan Ketum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo.

Senada dengan Anies, Bamsoet dan Amali juga mengenakan baju loreng hitam oranye yang senada dengan seluruh kader Pemuda Pancasila.

Acara dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya oleh para anggota Pemuda Pancasila dan tamu undangan yang hadir. Kemudian, dilanjutkan dengan lagu mars Pemuda Pancasila.

Di acara ini Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyampaikan sambutan. Dalam pidatonya, Sigit menyinggung bagaimana Pancasila bisa menyatukan banyak pihak, terlepas dari jabatan dan status ekonominya.

“Bagi saya ini suatu keterpanggilan mana kala kita sudah bicara Pancasila, kita boleh berangkat dari mana saja. Tadi disampaikan kita berangkat dari bawah, kita berangkat dari tukang becak, ada juga yang tadi jadi pengusaha, ada juga yang jadi menteri, ada yang juga menjadi pemimpin nasional,” kata Sigit di Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (1/10).

“Tapi kalau kita sudah bicara Pancasila, walaupun kita berbeda-beda kita tetap satu dan satu di dalam ideologi Pancasila,” lanjutnya.

Sigit kemudian menyinggung soal potensi politik identitas menjelang Pilpres 2024. Ia bahkan sempat meminta maaf kepada Gubernur DKI Anies Baswedan saat menyinggung soal politik identitas jelang 2024.

“Jadi ini kesempatan saya untuk mengingatkan, mohon maaf ada Pak Anies dan rekan-rekan yang sebentar lagi kita masuk di dalam tahun politik, tahun 2019 kita sudah merasakan bagaimana waktu itu kita asyik terlarut dengan kondisi pemenangan terhadap calon masing-masing, sehingga kemudian kita menggunakan cara-cara yang kemudian kita rasakan ini sampai saat ini menjadi salah satu sumber perpecahan, memanfaatkan menggunakan politik identitas,” jelasnya.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan resmi menjadi anggota atau kader Pemuda Pancasila pada Sabtu (1/10).

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kiri) pamer Kartu Tanda Anggota Pemuda Pancasila didampingi Ketua Umum Majelis Pimpinan Nasional Pemuda Pancasila Japto Soelistyo Soerjosoemarno.(Foto: Lucia)

Bahkan, menurut Ketua Umum Majelis Pimpinan Nasional (MPN) Pemuda Pancasila (PP) Japto Soelistyo Soerjosoemarno keinginan ini secara sukarela.

“(Anies) secara sukarela mau sendiri jadi anggota pemuda pancasila. Bukan anggota kehormatan,” katanya di Gedung Sekretariat MPN Pemuda Pancasila, Menteng, Jakarta Pusat.

Adapun nomor KTA orang nomor satu di DKI itu adalah 000007.

“Dan kebetulan nomor beliau adalah 000007,” lanjutnya.

Penghargaan Anugerah Tanda Satya kepada Alm. Spego Goni.(Foto: ist.)

Di acara ini juga, diserahkan Penghargaan dan Tanda Jasa Anugerah Tanda Satya kepada Putra Sulawesi Utara asal Kakaskasen, Tomohon; Alm. Spego Goni, SP, untuk menghormati jasa dan perjuangan sebagai Pendiri Pemuda Pancasila dan Ketua Umum Pertama.

Penyerahan Penghargaan dan Tanda Jasa Anugerah Tanda Satya kepada Spego Goni, SP, oleh Bambang Soesatyo, Wakil Ketua Umum I MPN Ormas Pemuda Pancasila masa bakti 2019-2024 yang juga sebagai Ketua MPR RI dan diterima oleh anak bungsu Spego, Lucia Goni, S.E.(Foto: ist.)

Penghargaan dan Tanda Jasa Anugerah Tanda Satya diserahkan langsung oleh Bambang Soesatyo, Wakil Ketua Umum I MPN Ormas Pemuda Pancasila masa bakti 2019-2024 yang juga sebagai Ketua MPR RI dan diterima oleh anak bungsu Spego, Lucia Goni, S.E., yang diundang khusus oleh MPN Pemuda Pancasila.

Lucia Goni bersama Ketum MPN Pemuda Pancasila Japto Soelistyo Soerjosoemarno.(Foto: ist.)

Adapun peresmian kantor sekretariat MPN Pemuda Pancasila ini tak hanya dihadiri oleh kader Pemuda Pancasila DKI Jakarta, tetapi juga dihadiri oleh perwakilan kader Pemuda Pancasila dari seluruh Indonesia.

Sekali layar terkembang, surut kita berpantang.

SPEGO

Tinggalkan ulasan

Liputan Khusus

Berita, Update, Preview Pertandingan

selama Piala Dunia 2022 Qatar hanya di LensaUtara.id

adbanner