Ad imageAd image

Gunung Tumpa Satu-satunya Hutan Raya di Kota Manado

Gabriely Nadya Sitanggang
Gabriely Nadya Sitanggang
2 menit Membaca
Taman Hutan Raya Gunung Tumpa merupakan satu-satunya Hutan Raya yang ada di Kota Manado. Letaknya berada di Kecamatan Bunaken. (Foto: nad.)

MANADO, LensaUtara.id – Taman Hutan Raya Gunung Tumpa H.V. Worang merupakan satu-satunya Hutan Raya yang dimiliki Kota Manado. Lokasinya terletak di Kecamatan Bunaken yang terlihat jelas dari pusat Kota Manado.

Yang ada di Tahura Gunung Tumpa ini berupa pelestarian alam yang di dalamnya banyak sekali tumbuhan dan satwa alami dan buatan. Bahkan hewan endemik Sulawesi Utara dapat ditemukan di sini.

Akses ke Hutan Raya Gunung Tumpa sangat gampang dan mudah dilalui. Ditempuh selama kurang lebih 20 menit dari Pusat Kota Manado, dengan melewati Jembatan Soekarno serta Jembatan Boulevard II. Yang tentunya tidak rawan kemacetan.

Taman Hutan Raya Gunung Tumpa merupakan satu-satunya Hutan Raya yang ada di Kota Manado. Letaknya berada di Kecamatan Bunaken. (Foto: ist.)

Setiap pengunjung yang datang diharuskan membayar karcis masuk seharga Rp 5.000 untuk wisatawan nusantara, dan Rp 10.000 untuk wisatawan mancanegara berdasarkan Perda Sulawesi Utara Nomor 5 Tahun 2018 tentang Retribusi Daerah.

Aktivitas di Tahura Gunung Tumpa sendiri saat ini selain dari wisatawan, beberapa instansi seperti TNI Angkatan Laut dan Darat sedang melakukan latihan terjun payung (paragliding). Dan juga beberapa kegiatan perkemahan oleh Pramuka.

Tidak hanya itu, Di puncak Tahura Gunung Tumpa tersedia berbagai hiburan seperti tulisan Gunung Tumpa, menara untuk berfoto, sepeda gantung dan beberapa kios makanan serta tugu Mayjend TNI (Purn) H.V. Worang yang diresmikan Gubernur Olly Dondokambey pada tahun 2016 silam.

Pemandangannya pun sangatlah cantik. Hamparan Laut Manado dengan banyak pulau seperti Manado Tua, Bunaken, Siladen, Nain. Bahkan Pulau-pulau kecil pun dapat dilihat dari atas Gunung Tumpa. Dan pada sore hari akan disuguhkqn dengan langit jingga yaitu Matahari terbenam yang memukau.

Perlu diketahui juga, saat ini Dinas Pariwisata Kota Manado sedang menambahkan beberapa fasilitas seperti Menara Pandang dan Ampitheatre.

How glorious a greeting the sun gives the mountains!

John Muir

Bagikan Artikel ini
Tinggalkan ulasan

Liputan Khusus

Berita, Update, Preview Pertandingan

selama Piala Dunia 2022 Qatar hanya di LensaUtara.id

adbanner