Pemkab Minsel Optimalkan PAD, Melalui Pajak Penerangan Jalan

Redaksi LensaUtara
Redaksi LensaUtara
3 menit Membaca
Penandatanganan kerjasama Pemkab Minsel dengan PT. PLN Persero. (Foto: diskominfo minsel)

AMURANG, LensaUtara.id – Dalam rangka meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Selatan (Minsel) melakukan penandatanganan dan perjanjian kerjasama dengan PT. PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Manado dan Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Kotamobagu, terkait pemungutan dan penyetoran Pajak Penerangan Jalan (PPJ) dan pembayaran rekening listrik Pemkab Minsel, bertempat di Ruang Rapat Bupati, belum lama ini.

Pelaksanaan kerjasama ini bertujuan untuk menjamin kelancaran penerimaan PAD Kabuapten Minsel yang berasal dari PPJ. Selanjutnya untuk menjamin kelancaran pelunasan rekening listrik Pemkab Minsel, meningkatkan efisiensi pembayaran rekening listrik melalui meterisasi Penerangan Jalan Umum (PJU), serta melakukan pengawasan dan penertiban PJU illegal.

Dalam kesempatan itu, Bupati Franky Donny Wongkar, SH memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada PT. PLN (Persero) UP3 Manado dan UP3 Kotamobagu, atas pelaksanaan kerjasama ini.

“Kami berharap melalui kerjasama ini kita bisa menjawab kebutuhan masyarakat akan penerangan jalan, dengan tetap menjaga efisiensi energi dan optimalisasi PAD,” ujar Bupati pilihan rakyat ini.

Bupati juga meminta pihak PLN untuk bersama-sama turut serta menjaga stabilitas jaringan dan pasokan listrik bagi masyarakat dan industri di Kabupaten Minsel.

“Terlebih dengan potensi gangguan jaringan listrik akibat tidak menentunya keadaan cuaca, faktor alam dan keadaan tertentu lainnya yang tentunya dapat berpengaruh terhadap kehidupan dan ekonomi masyarakat,” ungkapnya.

Bupati juga meminta kepada instansi terkait untuk segera melakukan upaya-upaya dalam memperbaiki, menertibkan dan mengoptimalkan PJU sesuai ketentuan yang berlaku.

“Agar manfaatnya dapat segera dirasakan oleh masyarakat, karena selain menunjang keamanan dan ketertiban, keberadaan PJU juga ikut mempercantik wajah Kabupaten Minsel dan dapat menunjang pertumbuhan ekonomi, sebagaimana salah satu visi kita yakni mewujudkan kemandirian ekonomi melalui sektor agrobisnis dan pariwisata,” tuturnya.

Hadir bersama Bupati Minsel dalam kegiatan ini Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Minsel Glady Nova Lynda Kawatu, SH, M.Si., para Asisten, Kepala Dinas/Badan dan Jajaran Pemkab Minsel.

Dari pihak PT. PLN (Persero) hadir Manager UP3 Manado Unit Induk Wilayah Sulut, Tengah dan Gorontalo, Edy Suparta bersama jajaran, Manager UP3 Kotamobagu, Dasih Listyanto bersama jajaran.(denny)

Jika seluruh kebencian di hatimu bisa diubah menjadi aliran listrik, maka dia akan menerangi seluruh dunia

Nikola Tesla
Tinggalkan ulasan

Liputan Khusus

Berita, Update, Preview Pertandingan

selama Piala Dunia 2022 Qatar hanya di LensaUtara.id

adbanner