Ad imageAd image

Keunggulan Rektor Prof. Ellen Kumaat, Menjadikan Unsrat Predikat Unggul

Jeffry Pay
Jeffry Pay
3 menit Membaca
Rektor Unsrat Prof. Dr. Ir Ellen Joan Kumaat, MSc, DEA.(Foto: ist.)

MANADO, LensaUtara.id – Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado kini menjadi salah satu universitas terkemuka di Indonesia dengan menyandang predikat Unggul. Predikat Unggul ini merupakan hasil penilaian akreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dari segala aspek.

Menghasilkan predikat Unggul ini memang tidak mudah, karena harus mengikuti berbagai kriteria. Dan hasil kerja keras Unsrat ini tidak lepas dari keunggulan seorang Prof. Dr. Ir. Ellen Joan Kumaat, MSc, DEA.

Ellen Kumaat yang telah menjabat sebagai Rektor selama dua periode (mulai 2014-2018 dan 2018-2022), telah mampu mengelola Unsrat dengan segala kemampuannya.

Sebagaimana diketahui, sejak Selasa 26 Oktober 2021, merupakan peristiwa bersejarah bagi Unsrat. Dimana sebagai penyelenggara pendidikan tinggi, sangat membanggakan apa yang diraih oleh Universitas Sam Ratulangi di bawah kepemimpinan Rektor Prof.Dr.Ir. Ellen Joan Kumaat, MSc.DEA dengan keluarnya hasil konversi/akreditasi UNGGUL dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). 

Hasil ini menjadikan UNSRAT sebagai perguruan tinggi pertama di kawasan Timur Indonesia yang mendapatkan akreditasi UNGGUL dari BAN-PT.

Sampai saat ini UNSRAT sudah memiliki 12 Program Studi yang mendapatkan akreditasi UNGGUL, yakni:

  1. S1 Teknik Pertanian,
  2. S1 Biologi,
  3. 1 Peternakan,
  4. S1 Perencanaan Wilayah dan Kota,
  5. S1 Manajemen,
  6. S1 Ekonomi Pembangunan,
  7. S1 Budidaya Perairan,
  8. S1 Ilmu Kelautan,
  9. S2 Ilmu Perairan,
  10. S1 Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan,
  11. S1 Arsitektur,
  12. S1 Teknologi Hasil Perikanan.

Pencapaian yang luar biasa ini tentunya akan mendorong pencapaian civitas UNSRAT untuk terus mewujudkan visi UNSRAT yang unggul dan berbudaya.

Setelah mencapai predikat UNGGUL, satu lagi prestasi yang membanggakan di awal perkuliahan Tahun Ajaran 2022/2023. Yaitu, Universitas Sam Ratulangi menduduki peringkat ke-28 sebagai Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia menurut Webometrics Ranking of World Universities edisi Juli 2022.

Webometrics merupakan sistem pemeringkatan yang dilakukan berbasis website terhadap Perguruan Tinggi se-dunia.

Delapan tahun terakhir Unsrat berhasil meningkatkan mutu pendidikan.

Sejak dipimpin Ellen Kumaat, Unsrat terus bergerak dalam peningkatan akreditasi. Dari awalnya akreditasi B di tahun 2014, naik jadi Akreditasi A di tahun 2017.

“Sejak 2021 lalu, Unsrat sudah Akreditasi Unggul dan Unsrat bertekad bisa akreditasi internasional,” kata Rektor Unsrat Prof Ellen J Kumaat.

Dalam kaitan dengan pembelajaran dan kemahasiswaan UNSRAT juga terus mencatat prestasi di tingkat nasional. Kali ini dengan peringkat 13 dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Tahun 2022.

Rektor Unsrat Prof. Dr. Ir Ellen Joan Kumaat, MSc, DEA.(Foto: ist.)

Program PKM dilaksanakan oleh BELMAWA (Pembelajaran dan Kemahasiswaan) Dikti bertujuan untuk memandu mahasiswa untuk menjadi pribadi yang tahu aturan, mematuhi aturan, kreatif, inovatif, dan objektif kooperatif dalam membangun beragam intelektual. 

Publikasi resmi yang dilansir di situs SIMBELMAWA (Sistem Informasi Pembelajaran dan Kemahasiswaan) Dikti, tahun 2022 ini UNSRAT berhasil meloloskan 15 proposal PKM 8 bidang dengan total dana sebesar Rp.93.100.000.

Bagikan Artikel ini
Tinggalkan ulasan

Liputan Khusus

Berita, Update, Preview Pertandingan

selama Piala Dunia 2022 Qatar hanya di LensaUtara.id

adbanner