Alternatif Pendaftaran T2 di UNSRAT Jika tak Lulus SNMPTN

Redaksi
Redaksi
3 menit Membaca
Gedung Pusat Universitas Sam Ratulangi Manado. (Foto: van)

MANADO, LensaUtara.id – Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado membuka Penerimaan Mahasiswa Baru melalui Jalur Mandiri Program Tumou Tou (Tou). Mahasiswa yang telah mendaftar online dan telah memiliki kartu tanda peserta seleksi masuk selanjutnya akan menjalani Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK).

Rektor Unsrat, Prof. DR. Ir. Ellen J. Kumaat, M.Sc., DEA, melalui Humas, Dr. Max Rembang mengatakan, pendaftaran sudah dibuka sejak 10 Mei. Kelompok ujian pada Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) T2 dibagi dua.

“Yakni kelompok Ujian Sains dan Teknologi (Saintek)  dan kelompok Ujian Sosial dan Humaniora (Soshum), proses tes masuk Program T2 akan digelar setelah hasil Ujian Tes Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK SBMPTN) diumumkan. Sesuai tahapan, kemungkinan akhir Juni,” jelasnya Rembang.

“Tahun ini Unsrat memiliki kuota mahasiswa baru 6 ribuan. Sebagian sudah terisi lewat penerimaan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Sedangkan SBMPTN, tesnya akan dimulai 17 Mei 2022.” tambah Rembang.

Dr. Max Rembang, Humas Universitas Sam Ratulangi Manado.(Video: van)

Berikut ini syarat pendaftaran Program T2 Unsrat:

  • Lulusan SMA/ SMK/ MA/ MAK/ Sederajat lainnya Tahun 2020, 2021, dan 2022 serta lulusan Paket C Tahun 2020, 2021, dan 2022 dengan maksimal umur 25 Tahun yang dibuktikan dengan Ijazah.
  • Lulusan Tahun 2022 bagi SMA/ SMK/ MA/ MAK/ Paket C/ sederajat lainnya yang belum memiliki Ijazah, harus memasukan Surat Keterangan Lulus (SKL) dari Kepala Dinas Pendidikan/ Sekolah yang dilengkapi pasfoto ukuran 4×6 cm dan dicap dari Kepala Dinas/Sekolah.
  • Membayar uang pendaftaran Rp. 200 ribu melalui Bank BNII, BRI atau BTN

Sedangkan Tata Cara Pendaftaran:

  • Mengisi data awal secara online melalui laman https://regmaba.unsrat.ac.id kemudian klik ‘daftar’ dan memilih jalur masuk “Mandiri-Tumou Tou” untuk mendapatkan nomor billing dan pin
  • Selanjutnya, membayar uang pendaftaran di Bank BNI/ BRI/ BTN dengan menggunakan nomor billing
  • Selesai melakukan pembayaran di Bank BNI/ BRI/ BTN, dilanjutkan untuk melengkapi Biodata melalui laman https://regmaba.unsrat.ac.id.
  • Login menggunakan nomor billing sebagai username dan pin sebagai password.
  • Selesai melengkapi biodata, dapat dilanjutkan dengan pencetakan Kartu Tanda Peserta Seleksi Masuk.

Bagi mereka yang tidak melengkapi Biodata, tidak akan mendapatkan Kartu Tanda Peserta Seleksi Masuk.(van)

Tinggalkan ulasan

Liputan Khusus

Berita, Update, Preview Pertandingan

selama Piala Dunia 2022 Qatar hanya di LensaUtara.id

adbanner