Insinerator Berfungsi Lagi, Bunaken Kepulauan Mandiri Kelola Sampah

Redaksi
Redaksi
2 menit Membaca
Mandak: Pembakaran sampah bisa mencapai panas 800 - 1000 derajat. Jadi sampah apapun bisa kami leburkan di sini, ini sudah berjalan dan hasilnya sangat bagus.(Foto: LU-0200)

MANADO, LensaUtara.id – Kecamatan Bunaken Kepulauan Kota Manado, mulai menggunakan Insinerator (mesin pembakar sampah) dalam mengelolah sampah di daerahnya.

Sampah yang awalnya dikirim ke Manado, sekarang tidak lagi dan langsung dileburkan menggunakan mesin Insinerator.

Camat Bunaken Kepulauan Imanuel Mandak berterimakasih kepada Wali Kota Manado Andrei Angouw yang sangat peduli dengan masyarakat Pulau Bunaken.

Menurut Mandak awalnya mesin yang diadakan tahun 2017 ini dalam keadaan rusak, sehingga sampah harus dibawa ke Manado. “Pada kesempatan ada pertemuan di Kantor Pemerintah Kota Manado, saya langsung menyampaikan perihal masalah ini ke Pak Wali. Dan puji Tuhan tak butuh waktu lama, melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Manado diperbaiki, sehingga sekarang kami bisa menggunakannya,” ungkap Mandak.

Mandak menjelaskan kepada LensaUtara.id, penggunaan dan perawatannya semua dari pihaknya, dan kalau ada masalah baru menghubungi teknisi yang ahli di mesin ini.

Mesin Insinerator di Bunaken Kepulauan Berfungsi Kembali. (Foto: LU-0200)

Pembakaran sampah bisa mencapai panas 800 – 1000 derajat. “Jadi sampah apapun bisa kami leburkan di sini, ini sudah berjalan dan hasilnya sangat bagus,” kata Mandak.

Jadi yang ke Manado cuma sampah yang ada nilai ekonominya, selain itu di leburkan di sini. “Sisa pembakaran dalam bentuk debu kami masukin karung lalu disimpan di tempat yang aman. Jadi sekarang Kecamatan Bunaken sudah mandiri dalam pengolaan sampah di daerahnya,” ujarnya lagi.

Bagi Mandak ini juga berkat dukungan masyarakat yang sedang berpengucapan syukur saat ini atas berkat Tuhan sudah memberi ekonomi yang baik. Tentunya pemerintah sangat mendukung kegiatan spiritual di daerah ini dan selalu mengimbau tetap patuh pada aturan dan protokol kesehatan. Keamanan juga sangat baik karena masyarakat Pulau Bunaken selalu menjunjung tinggi etika dan sopan santun serta toleransi yang ada sejak dulu pada mereka, tutup pak Camat yang selalu siap melayani warganya, Minggu (11/09/2022).

LensaUtara.id pun diajak bersama sama melihat mesin Insinerator yang berada di kelurahan Alung Banua bersama Camat Bunaken Kepulauan Imanuel Mandak, Lurah Bunaken Rony Caroles, Kepala Lingkungan Frans Caroles dan Staf Kecamatan Demsy.

Tinggalkan ulasan

Liputan Khusus

Berita, Update, Preview Pertandingan

selama Piala Dunia 2022 Qatar hanya di LensaUtara.id

adbanner