Warga Sulut Menanti Olly Dondokambey Jadi Menteri

Jeffry Pay
Jeffry Pay
2 menit Membaca
Olly Dondokambey saat bersiap-siap berangkat ke Jakarta.(Foto: ist.)

BARU saja dikabarkan Olly Dondokambey berangkat ke Jakarta. Dan banyak yang memprediksi kemungkinan Olly akan segera dilantik jadi Menteri. Dalam hal ini menggantikan alm. Tjahyo Kumolo sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Tapi Olly sendiri kepada awak media mengaku keberangkatannya ke Jakarta karena dipanggil untuk menemani Puan Maharani yang akan bertemu dengan Ketua Partai Nasdem Surya Paloh.

Media-media yang terbit di pusaran Jakarta pun terus memberitakan nama Olly Dondokambey sebagai kandidat kuat yang paling banyak disebut kemungkinannya menjadi Menteri. Apalagi Olly memang sudah dua periode sebagai Gubernur Sulut, dimana ia berpengalaman dalam menangani aparatur negara dan birokrasi.

Selain itu, ia juga berhasil secara politik. Baik dalam hal menjadikan PDIP sebagai partai nomor 1 di Sulut dan yang paling banyak menciptakan Kepala Daerah (mulai Gubernur, Bupati sampai Walikota), serta juga berhasil dalam perolehan suara untuk Presiden Jokowi.

Di sisi lain, ia berpengalaman sebagai Anggota DPR RI, dan juga pengurus Pusat PDIP, yaitu sebagai Bendahara PDIP. Dalam hal kedekatan dengan Jokowi dan Megawati, Olly memang sangat dekat. Dan pertimbangan lainnya, Olly memang pantas untuk mewakili masyarakat Indonesia Timur, sekaligus mewakili kaum Kristen.

Tapi semua memang tergantung hak prerogatif Presiden Jokowi. Seandainya benar-benar Jokowi menjatuhkan pilihan pada Olly, maka otomatis Steven Kandouw sebagai Wagub Sulut, akan menggantikan Olly menjadi Gubernur Sulut. Dan siapa nanti yang akan jadi Wakil Gubernur yang baru, tinggal menunggu waktu.

Teka-teki siapa yang bakal dipilih Jokowi, kita tunggu saja. Mungkin pada hari Rabu ini, karena Jokowi setiap pelantikan Menteri selalu memilih hari Rabu. Entah Rabu pekan ini atau Rabu depan, yang jelas akan diumumkan nanti.

Tinggalkan ulasan

Liputan Khusus

Berita, Update, Preview Pertandingan

selama Piala Dunia 2022 Qatar hanya di LensaUtara.id

adbanner