Ad imageAd image

Tim Senior KNPI Sulut Sampaikan 6 Pokok Pikiran, Gubernur Olly Ajak “Marijo Bakobong”

Jeffry Pay
Jeffry Pay
4 menit Membaca
Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE menerima kunjungan Tim Senior KNPI Sulut.(Foto: ist.)

MANADO, LensaUtara.id – Gubernur Sulut Olly Dondokambey menerima dan berdialog dengan Tim Senior KNPI Sulut di ruang kerja Gubernur, Jumat 4 November 2022.

Tim Senior KNPI yang dipimpin Roy Maramis bersama Daniel Pesik, Didi Sjafei, Tenni Assa, Adi Palit, Remmy Ngangi, Raldy Sumampouw, Vian Walintukan dan Edos Kerap ini kemudian menyerahkan pokok-pokok pikiran hasil Dialog Kebangsaan Bersatu Bangun Bangsa, Menuju 5 Dekade KNPI (Dari Sulawesi Utara untuk Nusantara) pada peringatan Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2022 lalu.

Ada 6 pokok pikiran yang disampaikan. Pertama, menyatakan di Sulawesi Utara hanya ada 1 DPD KNPI yang dipimpin Bung Rio Dondokambey. Tidak ada kepengurusan lain. Karena itu mengajak seluruh elemen kepemudaan di Sulawesi Utara untuk bersatu dan mendukung kepemimpinan Rio Dondokambey.

Kedua, mengantisipasi krisis pangan internasional yang akan terjadi pada tahun 2023 yang akan berdampak bagi Indonesia, termasuk Sulawesi Utara, maka kami menilai Program Gubernur Sulut Olly Dondokambey melalui Gerakan Mari Jo Bakobong adalah terobosan yang sangat tepat untuk mendorong masyarakat menanam tanaman pangan cepat panen.

Gubernur Sulut Olly Dondokambey, S.E. menerima kunjungan Tim Senior KNPI Sulut.(Foto: ist.)

Ketiga, mendorong untuk dilakukan Gerakan Bersama Pemuda di Sulut untuk melakukan penanaman tanaman pangan dan memaksimalkan produk unggulan di 15 kota/kabupaten di Sulawesi Utara.

Keempat, mengantisipasi berlakunya pasar bebas pasca pelaksanaan KTT G20 di Bali, pemerintah Sulawesi Utara diharapkan dapat memfasilitasi peningkatan sumber daya pemuda di bidang penguasaan bahasa asing. (Bahasa Inggris, Mandarin, Jepang, Korea dll).

Kelima, kami sepakat dalam menghadapi kontestasi politik 2024 untuk menghilangkan Politik Identitas sekaligus mengajak semua elemen kepemudaan untuk bersatu membangun Sulawesi Utara dalam semangat Torang Samua Ciptaan Tuhan.

Dan keenam, rencana pelaksanaan Hari Sumpah Pemuda ke 95 Tahun 2023 dirangkaikan dengan peringatan HUT ke-50 KNPI akan dilaksanakan di Sulawesi Utara jika disetujui Gubernur Sulut Bapak Olly Dondokambey, S.E.

Pokok pikiran ini ditandatangani Daniel Pesik, Roy Maramis, Didi Sjafii, Tenni Assa, Arnold Dimpudus, Remmy Ngangi, Tito Pua, Adi Palit, Raldy Sumampouw, Edos Kerap, Vian Walintukan, Arifin Dinggi, James Tangkawarouw, Asa Awondatu, Benny F Tenda.

OD yang didampingi Kadis Kominfo Sulut Steven Liow, Christian Talumepa, Jemmy Gagola dan J Sualang memberi apresiasi dengan pokok pikiran yang disampaikan, terutama dalam mendukung program pemerintah dalam mengatasi krisis pangan.

Gubernur Sulut Olly Dondokambey punya strategi jitu dalam mengantisipasi krisis pangan dunia yang diperkirakan bakal terjadi pada 2023 nanti.

Di hadapan Tim Senior KNPI Sulut, orang nomor satu di Sulut ini mengatakan, gerakan Mari Jo Bakobong yang telah dicanangkan Pemprov Sulut, akan mendorong produktivitas pangan di 15 kota/kabupaten. “Untuk ketahanan pangan kita bisa saja mendatangkan pangan dari luar untuk memenuhi kebutuhan pangan rakyat. Tapi yang kita harapkan ke depan adalah kedaulatan pangan. Ini bisa kita capai jika kita mampu mendorong masyarakat untuk menanam tanaman pangan sehingga bisa memenuhi kebutuhan dan selanjutnya bisa meningkatkan ekonomi rakyat karena hasilnya bisa dijual,” ujar OD, sapaan akrab Olly, sambil mengajak Tim Senior KNPI mendukung program ini.

Percakapan yang berlangsung hampir 2 jam itu diakhiri dengan foto bersama.

Pemuda adalah tulang punggung bangsa.

Bagikan Artikel ini
Tinggalkan ulasan

Liputan Khusus

Berita, Update, Preview Pertandingan

selama Piala Dunia 2022 Qatar hanya di LensaUtara.id

adbanner