Senduk: PD Pasar Tidak Pernah Larang Pedagang dari Luar Manado!

Redaksi
Redaksi
2 menit Membaca
Dirut PD Pasar Kota Manado, Lucky Senduk, S.Ked. saat memberikan keterangan kepada wartawan.(Foto: van)

MANADO, LensaUtara.id – Terkait insiden penertiban pedagang oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Manado yang berjualan di Calaca sempat ricuh dan viral di medsos.

Dirut PD Pasar Kota Manado, Lucky Senduk, S.Ked., memberi penjelasan atas penertiban tersebut, bahwasanya PD Pasar tidak pernah melarang siapa pun berjualan di Pasar Bersehati, yang sekarang ini sementara di relokasi karena adanya revitalisasi pembangunan Pasar Bersehati.

“Dari awal kita sudah buat pemetaan lokasi tempat berjualan, begitu juga tempat yang tidak bisa berjualan. Saat ini lokasi yang tidak boleh berjualan yakni di Jalan Nusantara dan sebagian eks Pasar Kambing, itu sudah sejak dari relokasi awal,” ungkapnya, Jumat (27/5).

Lanjut dijelaskan Senduk, kemudian ada permintaan dari pedagang grosir atau biasa kita sebut supplier ke pedagang yang ada di Pasar Bersehati. “Sehingga kita perkenankan mereka masuk untuk bongkar barang, tapi tidak di perkenankan berjualan. Sebelumnya kami pernah mengijinkan dengan waktu tertentu dan pernah juga menawarkan ke Pasar Buha,” tuturnya.

“Kami sudah mengijinkan mereka masuk untuk bongkar dari area Rumah Kopi yang di samping Kantor Lurah Calaca sampai dengan Bank Mega, jadi masuk kedalam untuk bongkar. Kenyataannya mereka berjualan eceran sampai, pagi itu yang kami tertibkan karena kasiham yang pedagang di dalam,” jelasnya.

Ditegaskan Senduk, PD Pasar tidak pernah melarang pedagang dari luar Manado untuk masuk. “Silakan tapi tolong ikuti aturan yang ada agar teratur dan tertib. Utuk itu saya minta Pol-PP dengan bantuan polisi menertibkan dengan langkah persuasif dan humanis,” tegas lucky saat di temui wartawan di ruangan rapat PD Pasar.

Sementara itu, Kasat Pol PP Manado, Yohanis B. Waworuntu, SE, M.Si., menegaskan, pihaknya melaksankan tugas sesuai aturan “Saya selalu mengaskan ke anggota untuk mengedepankan persuasif dan humanis. Apabila tidak dihiraukan silakan tindak tegas. Saya sudah mengusul ke PD Pasar untuk memasang rambu-rambu tentang aturan berjualan, sehingga pedagang dapat memahaminya. Kami selalu berkoordinasi dengan PD Pasar untuk bisa tertib dan teratur,” tutupnya.(Van)

Kesuksesan di dalam bisnis lebih sering datang kepada orang yang berani bertindak

van
Tinggalkan ulasan

Liputan Khusus

Berita, Update, Preview Pertandingan

selama Piala Dunia 2022 Qatar hanya di LensaUtara.id

adbanner