Perempuan Sulawesi Utara ‘Menggigit’ Jabatan Penting Terbanyak se Indonesia

Taufik Darmawan
Taufik Darmawan
2 menit Membaca
Pahlawan nasional Maria Walanda Maramis.(Foto: ist.)

Minut, LensaUtara.id – Kalau saja masih hidup, Maria Walanda Maramis akan tersenyum bangga untuk kabar perempuan di kampung halamannya hari ini. Perjalanan hidup sang pahlawan kebanggaan masyarakat suku Minahasa diwarnai perjuangan untuk meningkatkan taraf hidup wanita di Indonesia. Memasuki abad 21 kini mulai berbuah manis.

Perempuan di Sulawesi Utara menempati proporsi terbanyak se Indonesia untuk jabatan pada posisi manajer di perusahaan dan lurah untuk pemerintahan, dimana posisi-posisi tersebut seperti yang kita ketahui adalah jabatan pemegang keputusan, data ini membuktikan jabatan-jabatan penting tersebut adalah bukti atas kemampuan dan kepercayaan publik atas kepemimpinan perempuan.

(Foto/data: databoks)

Bayangkan perempuan yang hidup di akhir 1800 sampai awal 1900, dimana pada saat itu akses pendidikan bagi perempuan sangat minim, di Sulawesi Utara pada era tersebut memiliki sekolah khusus untuk perempuan, namun hanya diperuntukan untuk anak-anak bangsawan saja, apalagi untuk mendapatkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, sungguh cuma mimpi.

Butuh ratusan tahun untuk menjawab isu ini, merubah paradigma tentang perempuan melalui jalan terjal berliku, dimana juga harus mendobrak nilai-nilai kebudayaan, hukum, bahkan agama. Para pemimpin-pemimpin perempuan yang dengan kelembutan dan kasih sayang ini, sekarang mampu berbicara banyak di posisi-posisi terpenting dalam tubuh sebuah perusahaan dan pemerintahan.

Semoga fakta ini merubah banyak hal dalam kehidupan bermasyarakat, mensejajarkan bahkan meninggikan harkat martabat seorang perempuan, yang masih sering kita dengar dilecehkan, diperlakukan kasar, dan dipandang sebelah mata oleh sebagian manusia-manusia yang belum beradab.(taufik/bps)

Karena kau perempuan, tidak cantik tidak apa-apa. Asal jangan sampai miskin cara berpikir dan etika

taufik/bps
Tinggalkan ulasan

Liputan Khusus

Berita, Update, Preview Pertandingan

selama Piala Dunia 2022 Qatar hanya di LensaUtara.id

adbanner