Ad imageAd image

Hadiah Ulang Tahun Olly Dondokambey: Pertumbuhan Ekonomi Sulut 6,62 Persen

Jeffry Pay
Jeffry Pay
2 menit Membaca
Olly Dondokambey, bukan hanya mencanangkan "Marijo Bakobong", tapi juga memberi contoh dengan aktif bakobong.(Foto: ist.)

MANADO, LensaUtara.id – Hari ini 18 November 2022, Gubernur Sulut Olly Dondokambey genap berusia 61 tahun. Di usianya yang baru Olly dan keluarganya sangat bersyukur dan bersukacita. Begitu pula warga Sulut dan segenap jajaran pemerintahan Provinsi maupun Kabupaten/Kota se-Sulut ikut mengucapkan selamat kepada Olly Dondokambey.

Sebagai hadiah ulang tahun Olly di tahun 2022 ini adalah pertumbuhan ekonomi Sulut yang signifikan, yaitu 6,62 persen berdasarkan laporan Badan Pusat Statistik (BPS).

Olly yang kini giat menggerakkan masyarat Sulut untuk “Bakobong”, telah mengukir banyak prestasi. Tapi yang paling menonjol adalah usaha untuk mempertahankan pertumbuhan ekonomi.

Sebagaimana nampak dari data laporan BPS, sebagai berikut:

• Perekonomian Sulawesi Utara berdasarkan besaran Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) atas dasar harga berlaku Triwulan III-2022 mencapai Rp39,81 triliun dan atas dasar harga konstan 2010 mencapai Rp24,38 triliun

• Ekonomi Sulawesi Utara pada Triwulan III-2022 mengalami pertumbuhan sebesar 6,62 persen (y-on-y). Dari sisi produksi, pertumbuhan tertinggi yang dicapai lapangan usaha penyediaan mobil dan Makan Minum yang tumbuh 39,66 persen. Sementara dari sisi pengeluaran, pertumbuhan tertinggi dicapai oleh komponen Ekspor Barang dan Jasa yang mengalami pertumbuhan sebesar 33,33 persen.

• Ekonomi Sulawesi Utara Triwulan III-2022 mengalami pertumbuhan sebesar 2,49 persen (q-to-q). Dari sisi produksi, sebagian besar lapangan usaha tumbuh positif dengan pertumbuhan tertinggi terjadi pada lapangan usaha Pengadaan Listrik, Gas, dan Produksi Es, yakni sebesar 9,67 persen. Sementara dari sisi pengeluaran, pertumbuhan tertinggi yang dicapai oleh komponen Ekspor Barang dan Jasa tumbuh sebesar 17,82 persen.

Pemimpin adalah teladan.

Bagikan Artikel ini
Tinggalkan ulasan

Liputan Khusus

Berita, Update, Preview Pertandingan

selama Piala Dunia 2022 Qatar hanya di LensaUtara.id

adbanner