Desa Budo Pemenang Desa Wisata Digital dan Kreatif ADWI 2022

Gabriely Nadya Sitanggang
Gabriely Nadya Sitanggang
2 menit Membaca
Penghargaan Anugerah Desa Wisata Indonesia.(Foto: ist)

LensaUtara.id (31/10) – Penghargaan Anugerah Desa Wisata Indonesia 2022 dimulai sejak Februari kemarin. Hari Minggu kemarin sebagai Malam Puncak ADWI 2022 yaitu pengumuman pemenang yang berlangsung dengan meriah. Ditambah dengan bintang tamu dan penyanyi seperti Armada, Ruth Sahanaya dan masih banyak lagi.

Sebanyak 3.419 Desa Wisata di seluruh Indonesia ikut berpartisipasi pada ADWI tahun ini.
Minggu, 30 Oktober menjadi hari terakhir pada penghargaan ini. 50 Desa Wisata Terbaik menjadi pemenang terakhir pada ADWI 2022.

Sulawesi Utara, yakni Desa Wisata Budo berhasil mendapat gelar dan juara 1 pada kategori Digital dan Kreatif. Rio Sahima, sebagai perwakilan dari Pemerintah Desa dan penerima penghargaan merasa bangga dan bahagia.

Bupati Minahasa Utara, Joune Ganda turut hadir bersama Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Minahasa Utara, Femmy Pangkerego pada Malam Puncak ADWI 2022.

“Senang, bahagia, bangga, terharu, semua tercampur aduk. Pas terima piala penghargaan rasanya tidak dapat diutarakan. Semua ini berkat usaha masyarakat Desa Wisata Budo,” ujar Rio lewat platform pesan teks.

Sebagai pemenang penghargaan, Desa Wisata Budo mendapat hadiah sebesar 30 Juta Rupiah dari KEMENPAREKRAF.

Desa Budo Pemenang Desa Wisata Digital dan Kreatif ADWI 2022.(Foto: ist.)

Kepala Dinas Pariwisata Sulawesi Utara, Henry Kaitjily turut bangga akan prestasi yang didapat dari Desa Wisata Budo.

Berawal dari konsultasi rencana dari Pemerintah Desa ke Dinas Pariwisata Provinsi Sulut pada tahun 2019 tentang perencanaan pembangunan Desa Wisata, akhirnya membuahkan hasil 2 kali ikut ADWI, dan pada tahun kedua Desa Wisata Budo mendapat gelar dan juara 1 Desa Wisata Digital dan Kreatif.

“Amazing, patut dibanggakan, semua itu karena usaha masyarakat yang terus berjuang membangun Desa Wisata Budo. Dan tentunya dengan bantuan berbagai pihak, baik pemerintah maupun swasta,” kata Henry.

Penghargaan Anugerah Desa Wisata Indonesia.(Foto: ist)

“Lewat kemenangan ini, harapan bagi seluruh Desa Wisata yang ada di Sulawesi Utara dapat berusaha dan berupaya mengembangkan desanya hingga ke ajang Nasional. Dan berusaha lagi sampai mendunia,” tambah Henry.

Di balik kesuksesan murid, ada guru yang hebat dan luar biasa.

Tinggalkan ulasan

Liputan Khusus

Berita, Update, Preview Pertandingan

selama Piala Dunia 2022 Qatar hanya di LensaUtara.id

adbanner