Ad imageAd image

BI: Akselerasi Pertumbuhan Ekonomi Sulut, Percepat dan Optimalkan Belanja Daerah

Antara Jeffry Pay
Antara Jeffry Pay
2 menit Membaca
Kepala BI Sulut Andry Prasmuko, di Manado.(Foto: ist.)

MANADO, LensaUtara.id – Bank Indonesia (BI) mengajak pemerintah daerah dan pemangku kepentingan lainnya untuk terus bersinergi dalam rangka mengakselerasi pertumbuhan ekonomi Sulawesi Utara (Sulut) tahun 2023.

“Dalam rangka mengakselerasi pertumbuhan ekonomi Sulut, beberapa rekomendasi yang dapat kami berikan,” kata Kepala BI Sulut Andry Prasmuko, di Manado, Sabtu.

Pertama, kata dia, mempercepat dan mengoptimalkan belanja daerah untuk mengoptimalkan pemulihan ekonomi dan mendukung pengendalian inflasi di daerah untuk kesejahteraan masyarakat.

Kemudian, katanya, memperkuat koordinasi kebijakan dengan pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan mitra strategis dalam TPIP melalui peningkatan nilai tambah Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP).

Selanjutnya, mendukung percepatan pemulihan pelaku industri dan melanjutkan upaya peningkatan nilai tambah, pengembangan ekonomi syariah dan UMKM untuk inklusi ekonomi.

“Serta mendorong pergerakan wisatawan nusantara (wisnus) dan perluasan akses wisman untuk mempercepat pemulihan pariwisata nasional,” jelasnya.

Juga, katanya, pembangunan infrastruktur, hilirisasi, peningkatan iklim investasi, dan digitalisasi untuk bersiap bangkit tumbuh kuat ke depan.

BI akan terus berkoordinasi dengan pemerintah daerah sehingga semua program akan saling jalan, dan memperkuat pertumbuhan ekonomi di tahun 2023.

Gubernur Sulut Olly Dondokambey mengatakan perkiraan akan terjadinya krisis global di dunia tahun 2023, harus diantisipasi dari sekarang.

Gubernur harap semua sektor riil harus dikembangkan sehingga dampak krisis global nantinya, tidak akan terasa berat di Sulut.

Berat sama dipikul, ringan sama dijinjing.

Bagikan Artikel ini
Tinggalkan ulasan

Liputan Khusus

Berita, Update, Preview Pertandingan

selama Piala Dunia 2022 Qatar hanya di LensaUtara.id

adbanner