Ad imageAd image

Aliansi Pers Manado Gelar Baksos di Bunaken Kepulauan

Redaksi
Redaksi
3 menit Membaca
Aliansi Pers Manado menggelar Baksos di Bunaken Kepulauan.(Foto: LU-0200)

MANADO, LensaUtara.id – Masyarakat Kelurahan Bunaken Kecamatan Bunaken Kepulauan memberikan apresiasi pada kegiatan Bakti Sosial (Baksos) berupa pengobatan gratis dan pemberian kacamata.

Baksos ini digelar Aliansi Pers Manado (APM) bekerja sama dengan Pemerintah Kota Manado dalam hal ini Dinas Kesehatan Kota Manado, Puskesmas Bunaken serta Balai Mata Provinsi Sulut.

Kegiatan yang digagas dalam rangka memeriahkan HUT ke 1 Aliansi Pers Manado (APM) ini, dilaksanakan di aula Kantor Kecamatan Bunaken Kepulauan, Jumat (26/8) pagi.

Ketua APM Steven Rondonuwu didampingi Camat Bunaken Imanuel Mandak dan Lurah Bunaken Ronny Caroles, sebelum kegiatan pengobatan dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini disuport penuh Walikota Andrei Angouw dan Wakil Walikota Richard Sualang. “Dimana sesuai Visi Pemerintah Kota yaitu menjadikan warga Manado Maju dan Sejahtera. Menuju visi ini semua warga harus hidup sehat, berdasarkan hal tersebut APM tergerak untuk membantu menyehatkan warga kepulauan,” ujar Steven.

Diapun menyebut selain disuport Pemkot Manado, kegiatan ini mendapat dukungan dari Pnt Elryc Mosal, Ketua Pemuda GMIM Patmos Bunaken. “Terima kasih buat Penatua Elryc Mosal dan ibu Corry Caroles, Staf Khusus Walikota Manado yang banyak membantu kegiatan ini,” kata Steven, yang juga Staf Khusus Walikota Manado.

Aliansi Pers Manado menggelar Baksos di Bunaken Kepulauan.(Foto: LU-0200)

Sementara itu, Yemmy Majurian salah satu masyarakat saat diwawancara wartawan mengatakan, dirinya sangat berterimakasih dengan adanya kegiatan ini, apalagi ada pemeriksaan mata dan pemberian kacamata gratis.

“Terimakasih buat Walikota dan Wakil Walikota Manado Andrei Angouw dan dr Richard Sualang serta Aliansi Pers Manado, serta semua pihak yang telah ikut serta dalam kegiatan ini. Untuk pembagian kacamata ini yang pertama di Bunaken dan berharap giat seperti ini akan terus berlanjut kedepannya,” ucapnya.

Sementara Kepala Puskesmas Bunaken dr Stenly Rawung menyebut, dari hasil pemeriksaan kesehatan masyarakat hasilnya penyakit kronis yang mendominasi seperti gula, darah tinggi, azam urat, kolestrol serta mata.

“Jadi dengan adanya bakti sosial dan pemeriksaan mata tentunya ini sangat baik buat masyarakat yang di Kelurahan Bunaken ini,” ucap Rawung.

Ia juga menambahkan untuk fasilitas Puskesmas Bunaken ada rawat jalan, pelayanan umum dan BPJS.
“Untuk pelayanan umum ada pemeriksaan ibu dan anak, lansia, kesehatan gigi juga ada pelayanan yang berbasis masyarakat seperti posyandu balita, posyandu remaja, posyandu usia lanjut, pospindo PTM semua ada di setiap kelurahan,” terangnya.

Diketahui dari data yang didapat untuk pemeriksaan mata ada sekitar 300 warga yang mendaftar dan ada sekitar 15 orang akan dirujuk ke Balai Mata Provinsi Sulut untuk dilakukan operasi katarak.

Nantinya 15 pasien yang mendapat surat rujukan ke Balai Mata, tambah Camat Imanuel Mandak, akan difasilitasi pemerintah Kecamatan ke lokasi dan di tempat tersebut akan menjadi tanggung jawab pihak Balai Mata.

Bagikan Artikel ini
Tinggalkan ulasan

Liputan Khusus

Berita, Update, Preview Pertandingan

selama Piala Dunia 2022 Qatar hanya di LensaUtara.id

adbanner