Walikota dan Wakil Walikota Manado Hadiri Rapat Paripurna DPRD Kota Manado

Redaksi
Redaksi
4 menit Membaca
Walikota dan Wakil Walikota Manado Hadiri Rapat Paripurna DPRD Kota Manado.(Foto: ist.)

MANADO, LensaUtara.id – Walikota dan Wakil Walikota Manado Andrei Angouw dan Richard Sualang menghadiri Rapat Paripurna DPRD Kota Manado di Kantor DPRD Kota Manado Jalan Pemuda Sario, Selasa (16/08).

Rapat Paripurna Pertama

Rapat Paripurna ini dalam rangka mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden R.I pada Sidang Tahunan MPR R.I dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI tahun 2022.

Walikota dan Wakil Walikota Manado Hadiri Rapat Paripurna DPRD Kota Manado.(Foto: ist.)

Setelah acara pembukaan, peserta Rapat Paripurna DPRD Kota Manado mengikuti Pembukaan Sidang Tahunan MPR, DPR, DPD RI Tahun 2022 yang diawali sambutan dan pemaparan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo.

Sidang DPR dan DPD RI

Acara selanjutnya adalah pelaksanaan Sidang DPR dan DPD RI yang dipimpin oleh Ketua DPR R.I Dr. (HC) Puan Maharani sekaligus menyampaikan sambutan dan pemaparan.

Selesai sambutan Ketua DPR RI dilanjutkan dengan Pidato Kenegaraan Presiden Joko Widodo yang memaparkan kondisi nasional di tengah masih merebaknya pandemi covid 19 serta perkembangan ekonomi dunia termasuk memaparkan kondisi politik, ekonomi nasional, sosial dan bidang lainnya.

Hadir dalam rapat Paripurna ini Ketua TP PKK Kota Manado Ibu Irene Angouw Pinontoan, Ketua DPRD Kota Manado Dra. Altje Dondokambey, M.Kes., Apt., unsur Pimpinan DPRD dan Anggota Dewan Kota Manado, Forkopimda Kota Manado, Sekretaris Pemerintah Kota Manado Dr. Micler C. S. Lakat, SH, MH, Kepala SKPD, Camat dan pejabat struktural lainnya.

Selanjutnya Rapat Paripurna kedua dalam rangka mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden RI pada Penyampaian Keterangan Pemerintah atas RUU tentang APBN TA 2023 Beserta Nota Keuangannya pada Rapat Paripurna Pembukaan Masa Persidangan I DPR RI Tahun Sidang 2022-2023.

Jadi Rapat Paripurna ini terdiri dari dua agenda yakni;

  1. Pidato Ketua DPR RI Ibu Dr. (H.C) Puan Maharani dalam rangka Pembukaan Masa Persidangan I Tahun Sidang 2022-2023.
  2. Pidato Presiden RI dalam rangka penyampaian RUU tentang APBD TA 2023 disertai Nota Keuangan dan Dokumen Pendukungnya.

Ketua DPR RI saat menyampaikan pidatonya menekankan beberapa poin penting seperti soal Perkuat Industri Nasional untuk penuhi kebutuhan dalam negeri, perkembangan teknologi, investasi SDM, fokus pada keahlian STEM dan tentang evaluasi reformasi birokrasi serta hal-hal pembangunan lainnya.

Ketua DPR R.I juga menyampaikan kinerja Komisi-Komisi dan alat kelengkapan DPR lainnya dalam hal penyelesaian beberapa paket Undang-Undang. DPR RI lewat sambutan Ketua DPRnya juga mendorong Pemerintah ķdalam hal peningkatan kinerja pelayanan kepada masyarakat. DPR RI juga mengapresiasi keterlibatan dan peran aktif Pemerintah Indonesia pada G20. Juga disampaikan pandangan DPRI tentang pertumbuhan ekonomi nasional. Pemerintah juga diminta antisipasi fenomena global.

Presiden dalam sambutannya menyampaikan tentang resiko ekonomi global secara panjang lebar. “Kendati ekonomi global berdampak signifikan pada ekonomi nasional tapi kita tidak boleh pesimistif,” kata Presiden. Presiden juga memaparkan tentang kebijakan APBN 2023 yang difokuskan pada 5 agenda utama.

Seperti pada rapat paripurna pertama, maka hadir dalam rapat Paripurna ini, Ketuax DPRD Kota Manado Dra. Altje Dondokambey, M.Kes., Apt., unsur pimpinan DPRD dan anggota Dewan Kota Manado, Forkopimda Kota Manado, Sekretaris Pemerintah Kota Manado Dr. Micler C. S. Lakat, SH, MH, Kepala SKPD, Camat dan pejabat struktural lainnya.

Orang tidak peduli seberapa banyak Anda tahu sampai mereka tahu seberapa besar Anda peduli.

Tinggalkan ulasan

Liputan Khusus

Berita, Update, Preview Pertandingan

selama Piala Dunia 2022 Qatar hanya di LensaUtara.id

adbanner