Ingin Mencapai Puncak Gunung Lokon? Apa Saja yang Harus Disiapkan

TOMOHON, LensaUtara.id - Bagi Anda yang hobi bertualang dan wisata alam, jangan lewatkan kesempatan untuk bisa merasakan sensasi berkelana melihat keindahan Gunung Lokon yang ada di Kota Tomohon, Sulawesi Utara.

Jeffry Pay
Jeffry Pay
3 menit Membaca

TOMOHON, LensaUtara.id – Bagi Anda yang hobi bertualang dan wisata alam, jangan lewatkan kesempatan untuk bisa merasakan sensasi berkelana melihat keindahan Gunung Lokon yang ada di Kota Tomohon, Sulawesi Utara.

Gunung Api yang cukup aktif ini menjadi tujuan wisata yang menarik. Bagi wisatawan yang datang berkunjung ke Kota Tomohon, memang terasa tidak lengkap kalau tidak menginjakkan kaki di kawasan Gunung Lokon. Minimal melihat kawahnya yang berada di kepundan.

(Foto: Armando Loho)

Kalau Anda ingin ke Gunung Lokon, setidaknya ada tiga target yang Anda bisa capai.

Pertama, di kaki Gunung Lokon. Di kakinya terdapat beberapa obyek wisata yang dikelola dengan baik. Yang cukup dikenal adalah Taman Bunga Pelangi dan Mahoni.

Di kaki Gunung Lokon Anda juga bisa menyaksikan pemandangan alam yang menakjubkan. Ada suasana perkebunan dengan hawanya yang sejuk.

Kedua, Anda bisa melihat kawah Gunung berapi ini. Tempat ini merupakan tempat favorit bagi para turis, baik lokal maupun mancanegara. Untuk mencapai kawahnya, kita akan melewati jalur jalan bebatuan.

Dan ketiga, menuju Puncak Gunung Lokon. Anda harus siapkan tenaga dan stamina yang kuat. Karena untuk sampai ke puncak, harus melewati tanjakan yang cukup terjal.

Jalur ke puncak, dapat ditempuh melalui kawahnya. Dari kawah hingga ke puncak membutuhkan waktu sekitar 2 jam.

Gunung Lokon merupakan Gunung Berapi yang banyak dikunjungi turis lokal maupun mancanegara. Ketinggian Gunung Lokon adalah 1580 meter. Kawah di kepundan menjadi tempat favorit. (Foto: jef)

Dari kawah Anda akan berjalan melalui jalur yang berbatu-batu dan kerikil. Selanjutnya melewati jalan setapak dengan struktur tanah liat. Di kiri kanan terdapat ilalang dan pepohonan.

Karena cukup terjal, harus berhati-hati. Dan sebisa mungkin tangan memegang rerumputan.

Setelah mendekati puncak, tanahnya mulai rata. Dari tanah rata itu Anda akan tiba di puncaknya. Tanda Anda sudah mencapai puncak adalah apabila Anda telah menemukan Tugu yang dibangun sebagai petunjuk lokasi puncaknya.

Di Tugu itu ada petunjuk bahwa ketinggian Gunung Lokon adalah 1580 meter.

Dari puncak kita bisa melihat sebagian Kota Tomohon dan Kota Manado. Hanya saja di puncak memang banyak tumbuh ilalang, sehingga pemandangan sedikit terbatas. Tapi setidaknya Anda akan merasa puas kalau bisa mencapai puncaknya.

Lalu apa saja yang harus kita siapkan kalau ingin mendaki Gunung Lokon?

Sudah tentu yang pertama dan utama adalah kesehatan dan kebugaran tubuh. Karena mendaki membutuhkan stamina yang kuat.

Kemudian Anda harus menyiapkan bekal makanan dan minuman yang cukup. Pakaian juga sebisanya memakai pakaian yang aman, misalnya celana jeans dan jacket atau sweater agar terhindar dari goresan. Selain itu sebisanya menggunakan kaus tangan. Begitu juga sepatu, jangan menggunakan sepatu yang licin. Sebaiknya menggunakan kets atau sepatu gunung. Dan sudah tentu berdoalah selalu agar terhindar dari kecelakaan.

Kalau Anda ke Tomohon, jangan lupa ke Gunung Lokon. Kalau Anda ingin bermohon, jangan lupa melihat sikon

Tinggalkan ulasan

Liputan Khusus

Berita, Update, Preview Pertandingan

selama Piala Dunia 2022 Qatar hanya di LensaUtara.id

adbanner