Hadapi Dinamika Masa Depan, Dinas Dikbud Tomohon Gelar Pendidikan Karakter Guru

Armando Loho
Armando Loho
2 menit Membaca
Walikota Caroll saat menyampaikan Sambutan (Sumber: ist.)

TOMOHON, LensaUtara.Id – Walikota Tomohon Caroll J A Senduk SH, didampingi Ketua TP PKK drg Jeand’arc Senduk Karundeng hadir dalam kegiatan Pendidikan Karakter Guru. Bertempat di AAB Quest House Tomohon, 15 s.d 17 November 2022.

Kegiatan Pendidikan Karakter Guru dilaksanakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Daerah Kota Tomohon.

Walikota Tomohon dalam kesempatan itu menyampaikan, tujuan penguatan pendidikan karakter adalah membangun dan membekali pelajar, guna menghadapi dinamika perubahan di masa depan. Mengembangkan platform pendidikan nasional yang meletakkan pendidikan karakter sebagai jiwa utama dengan memperhatikan keberagaman budaya indonesia. Dan merevitalisasi dan memperkuat potensi dan kompetensi ekosistem pendidikan.

Kadis Dikbud Kota Tomohon saat menyampaikan sambutan, Peserta kegiatan Pendidikan Karakter Guru (Sumber: ist.)

“Peran guru sangat penting dalam pendidikan. Guru harus menjadi sosok yang mencerahkan, memupuk nilai kasih sayang, keteladanan, perilaku, moralitas, nilai-nilai kebhinnekaan. Inilah sejatinya pendidikan karakter yang menjadi inti dari pendidikan yang sesungguhnya.” ujar Senduk.

“Guru hendaknya dapat melekat dengan anak didiknya sehingga dapat mengetahui perkembangan anak didiknya. Tidak hanya dimensi intelektualitas saja, namun juga kepribadian setiap anak didiknya.” tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Daerah Kota Tomohon Dr Juliana Karwur M Kes MSi menyampaikan, pendidikan karakter saat ini lebih mengarah kepada para guru yang nantinya berdampak pada anak didik seiring dengan pencapaian belajar
Pancasila, membentuk manusia yang berkarakter, tetapi juga bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, maka lebih mengarah juga pada pembinaan kerohanian, pembinaan kerohanian kepada anak didik tentu didadahului dari para guru sebagai teladan.
 
Ikut hadir, Ir Peter T Djoeng sebagai Direktur program pelatihan karakter kerohanian guru Indonesia dan ketua program pendidikan di Yasayan Kaki Dian Emas, Direktur Study Center Jakarta Benny Wijaya SE, Direktur Sekolah Alkitab FTTI Ir Wong Budi Sekawan MM.

Seorang guru itu adalah orang yang mengajar untuk menciptakan semua profesi.

Tinggalkan ulasan

Liputan Khusus

Berita, Update, Preview Pertandingan

selama Piala Dunia 2022 Qatar hanya di LensaUtara.id

adbanner