Buktikan Sulut Daerah Sport Tourism, TDNS 2022 Tuai Banyak Apresiasi

Redaksi
Redaksi
5 menit Membaca
Tour De North Sulawesi 2022.(Foto: van)

MANADO, LensaUtara.id – Tour De North Sulawesi (TDNS) 2022 berlangsung sukses dan seru, Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven Kandouw, membuka acara dan sekaligus melepas 310 peserta TDNS 2022, start dari halaman Kantor Gubernur Sulawesi Utara di Jalan 17 Agustus Manado, (25/06).

Bersama Revino Pepah dan peserta, Steven Kandouw ikut tour sejauh 85 km melewati check point pertama Mangatasik, dan berakhir di check point kedua, Amurang, yang di sambut oleh Bupati Minahasa Selatan Franky Donny Wongkar, SH dan Wakil Bupati Pdt. Petra Yani Rembang, M.Th.

Steven Kandouw Wakil Gubernur Sulawesi Utara dan Frangky Wongkar Bupati Minahasa Selatan.(Video van)

Setelah beristirahat sebentar, peserta dilanjutkan untuk kategori lomba King of the Mountain (KOM) dan Queen of the Mountain (QOM) sejauh 75 km menuju lokasi finish di Modinding.

Di sini peserta dijamu dengan makan dan minum tradisional khas daerah dan keindahan alam Desa Modoinding yang terkenal dengan udara yang sejuk serta agro wisata dan danau.

Kemudian rombongan menuju Kota Kotamobagu untuk mengikuti acara dinner bersama jajaran pejabat pemerintah Kota Kotamobagu di halaman parkir Hotel Sutanraja Kotamobagu, sekaligus pengumuman dan penyerahan hadiah kepada pemenang. Ini juga sebagai penutup seluruh rangkaian acara TDNS di 2022.

Direktur Utama Bank SulutGo, Revino M. Pepah yang juga Ketua Umum Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Sulut, dalam sambutan mengatakan iven seperti ini akan rutin kami adakan dan masih banyak lagi kegiatan sepeda yang akan segera di adakan, karena ISSI sudah ada di berbagai kabupaten/kota di Sulawesi Utara, dengan kepengurusan yang sudah definitif mereka akan mengadakan event rutin, supaya masyarakat di Sulawesi Utara dapat bangkit kembali dan di harapkan dapat memeberikan sumbangsih lebih untuk ekonomi daerah.

Iven sepeda terbesar di Sulawesi tahun ini menuai banyak pujian dan apresiasi dari berbagai kalangan.

Wakil Gubernur Steven Kandouw memberi apresiasi dan salut kepada Bank SulutGo (BSG), beliau mengatakan BSG telah membuktikan bahwa Sulawesi Utara merupahkan daerah yang memiliki sport tourism yang bisa menarik wisatawan lokal maupun internasional.

Bupati Minahasa Selatan Franky Donny Wongkar, SH, juga berterimakasih kepada Pemerintah Sulawesi Utara dan BSG yang sudah mengenalkan Minahasa Selatan melalui iven TDNS 2022 dengan memilih rute melewati Minahasa Selatan

“Ini sangat membantu kabupaten kami. Saya harap mereka (peserta) dapat bercerita di daerah atau negara mereka tentang wisata di kabupaten kami,” ujarnya.

Sekertaris Daerah Kota Kotamobagu, Sofyan Mokoginta mewakili Walikota Ir. Tatong Bara memberi apresiasi setinggi-tingginya kepada BSG dan semua pihak yang mendukung acara ini karena selain memperingati HUT ke-61 BSG, ajang ini upaya dari kita mencari bibit atlit di cabang sepeda berprestasi.

“Melihat animo masyarakat, olahraga bersepeda sangat tinggi di kota kami, saya berharap acara seperti ini dilaksanakan secara rutin,” ujarnya.

Ras Angele, peserta TDNS 2022 asal Malaysia memuji kegiatan BSG. Angela saat diwawancarai LensaUtara.id pada Check Point ke dua di Amurang, Minahasa Selatan mengatakan dia sangat enjoy dan terkesima dengan keramahan penduduk lokal yang sepanjang rute memberi applause dan semangat.

“Ini membuat saya lebih semangat untuk menaklukkan rute selanjutnya dan terima kasih kepada BSG sudah banyak support iven sepeda,” ucap Angela penuh semangat.

Juara Men Elite dari Yogyakarta, Adryan Sevadya dan rekannya Muhammad Ridwan yang juga Runer Up mengungkapkan perasaan mereka setelah mengikuti event TDNS 2022, menurut mereka iven ini adalah iven sepeda yang rutenya sangat baik dan menantang, mereka menikmati sekali kalau bisa diulang kembali.

Arfiana Khairunnisa dari Jakarta, juara QOM Women Open TDNS 2022. “ini rutenya asyik dan lengkap, dapat semua viewnya,” ucapnya kepada LensaUtara.id usai menerima hadiah dan medali.

Tour De North Sulawesi 2022 dilaksanakan dalam rangka Hari Ulang Tahun Bank Sulawesi Utara dan Gorontalo (BSG) ke 61 Tahun, diikuti 310 peserta dengan rute melewati beberapa kabupaten/kota (Kota Manado, Kab. Minahasa, Kab. Minahasa Selatan, Kab. Bolaang Mongondow Timur dan Kota Kotamobagu) sejauh 160 km dengan peserta dari Sulawesi Utara dan Papua, Maluku, Ternate, Makassar, Pinrang, Palu, Gorontalo, Jawa,Jogja, DKI, Kalimatan, Riau, Sumsel, juga Malaysia.

Acara ini di organizer oleh Bank SulutGo Cycling Club (BSGCC) dengan Ketua Panitia Clifford Rondonuwu, SE, disuport penuh oleh Ikatan Sport Sepeda Indonesi (ISSI) Pengprov Sulut dan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Manado dibawah komando Natanael Pepah, SE, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw dan Jajaran Pemerintah Sulawesi Utara, Polda Sulut dan Juga Tim Kesehatan RSUD ODSK.(van)

Hidup itu, seperti sedang mengayuh sebuah sepeda. Agar sepeda tetap seimbang, kita harus slalu mengayuhnya

van
Tinggalkan ulasan

Liputan Khusus

Berita, Update, Preview Pertandingan

selama Piala Dunia 2022 Qatar hanya di LensaUtara.id

adbanner