Arina, Dondokambey, Kandouw dan Rumopa Ikut Sidang Dewan Gereja Dunia di Jerman

Jeffry Pay
Jeffry Pay
2 menit Membaca
Empat tokoh agama asal Sulut, yaitu Pdt Hein Arina, Olly Dondokambey Steven Kandouw dan Pdt Lucky Rumopa kini berada di Jerman menghadiri Sidang Raya Dewan Gereja Dunia.(Foto: ist.)

JERMAN, LensaUtara.id – Ketua BPMS (Badan Pekerja Majelis Sinode) GMIM Pdt. Hein Arina , THD, Gubernur Sulut Olly Dondokambey selaku Penasehat BPMS GMIM, Wagub Pnt. Steven Kandouw selaku Wakil Ketua BPMS GMIM, dan Pdt.Lucky Rumopa dari FKUB Sulut, kini berada di Jerman.

Keempat tokoh gereja sekaligus tokoh masyarakat ini, berada di Jerman dalam mengikuti Sidang Raya XI Dewan Gereja Dunia (World Council of Churches/WCC) di Karlsruhe, Jerman.

Mereka akan mengikuti Sidang Dewan Gereja Dunia mulai 31 Agustus hingga 8 September 2022.

Dewan Gereja Dunia (World Council of Churches (WCC), bahasa Prancis: Conseil œcuménique des Églises, bahasa Jerman: Ökumenische Rat der Kirchen, bahasa Spanyol: Consejo Mundial de Iglesias) adalah organisasi perhimpunan antar gereja yang didirikan pada tahun 1948, bertujuan untuk membentuk kesatuan di antara umat Kristen. Keanggotaannya termasuk Komuni Anglikan, Gereja Asiria Timur, sebagian besar dari yurisdiksi Gereja Ortodoks Timur, Gereja Katolik Lama, Gereja Ortodoks Oriental, sebagian besar dari gereja-gereja Protestan arus utama (seperti Gereja Lutheran, Gereja Menonit, Gereja Methodist, Gereja Moravia dan Gereja Reformed atau Gereja Calvinist) dan beberapa gereja-gereja Protestan aliran Injili (seperti Gereja Baptis dan Gereja Pentakosta).

Empat tokoh agama asal Sulut, yaitu Pdt Hein Arina, Olly Dondokambey Steven Kandouw dan Pdt Lucky Rumopa kini berada di Jerman menghadiri Sidang Raya Dewan Gereja Dunia.(Foto: ist.)

Secara khusus, Gereja Katolik tidak pernah menjadi anggota Dewan Gereja-Gereja Sedunia, namun secara aktif berpartisipasi dalam gerakan ekumenis dengan cara yang berbeda.

Dewan Gereja Dunia muncul dari gerakan ekumenis dan memiliki dasar dengan sebuah pernyataan, Dewan Gereja Dunia adalah sebuah persekutuan gereja-gereja yang mengakui Tuhan Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamat sesuai dengan Alkitab, dan berusaha untuk memenuhi panggilan bersama untuk kemuliaan kepada Allah yang satu: Bapa, Anak dan Roh Kudus.

Dewan Gereja Dunia saat ini memiliki anggota berjumlah 348 anggota dari berbagai denominasi di seluruh dunia Berpusat di Gedung Ecumenical Centre di Jenewa, Swiss.

Tinggalkan ulasan

Liputan Khusus

Berita, Update, Preview Pertandingan

selama Piala Dunia 2022 Qatar hanya di LensaUtara.id

adbanner