Aplikasi Manado Hub untuk ‘Jaman Now’

Taufik Darmawan
Taufik Darmawan
3 menit Membaca
Sosialisasi Penyelenggaraan Manado Hub (08/06).(Foto: taufik)

MANADO, LensaUtara.id – Kita berhak atas pertukaran sebuah informasi yang cepat dan mudah, di jaman ini hanya bermodal jempol semua hal bisa bertukar di detik itu juga, kemajuan teknologi menawarkan itu semua. Ideal kalau teknologi seperti ini bisa dimanfaatkan sebuah lembaga seperti pemerintah untuk tanggap mengetahui apa yang benar-benar sedang dibutuhkan masyarakatnya.

Pemerintah yang seperti sulit bahkan untuk sekedar tahu jalanan yang kita lewati layak diinjak atau tidak, harus mulai serius memformulasi trobosan yang betul-betul solutif untuk menyentuh sampai ke titik permasalahan.

Pemerintah Kota Manado meluncurkan Manado Hub, aplikasi yang dianggap bisa mengakomodir kebutuhan masyarakat yang terintegrasi langsung dengan pihak-pihak yang bertanggung jawab untuk segera merespon, laporan seperti pengaduan tindak kriminal, pengaduan soal fasilitas umum, pengaduan pelayanan masyarakat dan semua bentuk aduan kepada dinas serta lembaga terkait yang bisa kapan saja di akses oleh seluruh masyarakat.

Sosialisasi Penyelenggaraan Manado Hub.(Video: taufik)

Aplikasi Manado Hub tidak selesai pada penyediaan akses melapor kepada dinas dan lembaga. Manado Hub juga menyediakan akses ke dokumen pendataan, seperti data mengenai usia, data tingkat pengangguran, data pasien yang terpapar penyakit, data tentang vaksinasi dan data-data lain yang dibutuhkan

Bukannya tanpa kendala, aplikasi Manado Hub memang belum sempurna untuk semua gawai canggih di abad ini. Fitur-fitur di dashboardnya belum semuanya terbuka ketika diakses melalui telefon genggam. Manado Hub juga dianggap belum menjadi pilihan utama yang dipilih masyarakat karena kurangnya publikasi dan sosialisasi, tim IT (Teknologi Informasi) aplikasi Manado Hub merespon hal tersebut dengan mengatakan akan segera menyelesaikan perihal kendala itu.

Pemkot Manado mematangkan sosialisasi sistem layanan Manado Hub dalam acara yang bertajuk “Sosialisasi Penyelenggaraan Layanan Manado Hub” di Gedung Aula Serbaguna Kantor Walikota Manado, Sulawesi Utara (8/6/2022).

Walikota Manado Andrei Angouw menghadiri acara itu, dirinya bicara dengan menekankan pentingnya percepatan sistem yang mampu mengikuti jaman dengan lebih praktis untuk masyarakat luas. “Teknologi berkembang dengan sangat pesat, dunia ini berputar dengan sangat cepat, kita musti bisa beradaptasi”

Dalam acara sosialisasi ini Pak Walikota didampingi oleh Sekda Pemkot Manado Micler Lakat, Asisten I Pemkot Manado Heri Saptono, Assisten II Pemkot Manado Atto Bulo, Kadis Infokom Pemkot Manado Erwin Kontu beserta jajarannya sebagai tamu undangan.(TD)

Pada hakikatnya teknologi membuat hal sulit menjadi mudah, bukan sebaliknya atau tidak ada bedanya

taufik
Tinggalkan ulasan

Liputan Khusus

Berita, Update, Preview Pertandingan

selama Piala Dunia 2022 Qatar hanya di LensaUtara.id

adbanner