6.472 Orang di Manado Mengidap Penyakit HIV/AIDS

Redaksi
Redaksi
3 menit Membaca
Sonny Aldryn Winda, Koordinator Program Penggulangan HIV/AIDS Sulawesi Utara dari PKBI.(Foto: van)

MANADO, LensaUtara.id – Dinas Pariwisata Kota Manado, berkerjasama dengan Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Sulut, dan Dinas Kesehatan Kota Manado mengadakan sosialisasi Penanggulangan Human Immunodeficiency Virus dan Acquired Immunodeficiency Syndrome atau HIV/AIDS di gedung Gravilla Malalayang, Rabu (29/06).

Dinas Pariwisata Kota Manado bersama pelaku industri jasa hiburan malam dan Karaoke di Manado mengambil langka penanggulangan HIV/AIDS.

Naomi Amuriawati Johana Ruru, SS, M.Si., Kepala Bidang Pengembangan Industri pada Dinas Pariwisata Kota Manado dalam penyampaian program Pemerintah Kota Manado, berharap semua elemen bisa berkerjasama bagaimana bisa mengeliminasi agar masalah ini tidak berkembang, dan tidak menjangkit pelanggan dan masyarakat.

Sementara itu, Sonny Aldryn Winda, koordinator Program Penggulangan HIV/AIDS Sulawesi Utara dari PKBI kepada LensaUtara.id mengatakan, data HIV saat ini yang sudah diverifikasi ada dua orang positif. Di tahun 2022 bulan Maret satu orang dan Mei satu orang. Dan juga kurang lebih lima orang yang masih diverifikasi.

Sonny Aldryn Winda, Koordinator Program Penanggulangan HIV/AIDS Sulawesi Utara dari PKBI.(Video: van)

Sementara, data temuan kasus pengidan HIV/AIDS menurut populasi beresiko di Manado, keseluruhan sampai tahun 2020 estimasi ada 6.472 orang. Dengan rata rata kelompok umur usia muda 29 tahun sampai 49 tahun. Dan tidak menutup kemungkinan akan berkembang sampai saat ini di tahun 2022.

dr. Sicillia Kumaat, M.Ph., dari Dinas Kesehatan dalam sosialisasinya berharap agar pihak pelaku industri jasa hiburan malam dan Karaoke dapat berkerjasama memeriksakan atau melakukan test karyawannya di Dinas Kesehatan Manado lewat Puskesmas terdekat. “Dan kami juga akan didukung oleh Dinas Pariwisata Kota Manado untuk turun ke tempat-tempat hiburan untuk ambil darah test HIV,” jelasnya.

dr. Sicillia Kumaat. M.Ph. dari Dinas Kesehatan Kota Manado.(Video: van)

Pengertian HIV atau kepanjangan dari human immunodeficiency virus adalah infeksi virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia.

Virus ini secara spesifik menyerang sel CD4 yang menjadi bagian penting dalam perlawanan infeksi.

Akibatnya, HIV akan membuat tubuh anda rentan mengalami berbagai penyakit infeksi dari bakteri, virus, jamur, parasit, dan patogen merugikan lainnya.

Sering dikira sebagai satu kesatuan, HIV dan AIDS adalah kondisi berbeda. Meski begitu, keduanya memang saling berhubungan.

Acara ini adalah program dari Pemerintah Kota Manado lewat Dinas Pariwisata Kota Manado. Kepala Dinas Esther Mamangkey SE, MM menuturkan, acara ini bertujuan untuk mewujudkan Kota Manado Maju dan Sejahtera dengan Protokol CSHE, yaitu Cleanliness (kebersihan), Health (kesehatan), Safety (keamanan), dan Environment Sustainability (kelestarian lingkungan). Sehingga dalam berwisata aman dan nyaman. (van)

Orang mampu menikmati hidup apabila memiliki kesehatan yang baik

van
Tinggalkan ulasan

Liputan Khusus

Berita, Update, Preview Pertandingan

selama Piala Dunia 2022 Qatar hanya di LensaUtara.id

adbanner