Wamendag Jerry Sambuaga: Komitmen Pemerintah Bantu UMKM Naik Kelas

Redaksi LensaUtara
Redaksi LensaUtara
2 menit Membaca
Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga saat mengunjungi Sentra UMKM Griya Kain Tuan Kentang, di Kota Palembang, Sumatera Selatan.(Foto: ist.)

Jakarta, LensaUtara.id – Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga kembali menegaskan komitmen pemerintah mengawal dan memfasilitasi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dalam memperluas pasar untuk bisa naik kelas.

Menurut Wamendag, dengan tercapainya kedua hal tersebut akan membuat UMKM naik kelas.

Wamendag saat mengunjungi Sentra UMKM Griya Kain Tuan Kentang, di Kota Palembang, Sumatera Selatan, Selasa, menyatakan dengan upaya bersama, nantinya produk UMKM Indonesia semakin berdaya saing.

Melalui keterangan tertulis di Jakarta, Selasa, Wamendag itu menjelaskan, pemerintah akan terus mengawal dan memfasilitasi UMKM agar naik kelas dan mendapatkan akses pemasaran yang lebih luas, termasuk melalui lokapasar (marketplace), ritel, bahkan hingga menembus pasar ekspor.

Lebih lanjut, pemerintah memiliki perwakilan perdagangan di luar negeri yang selalu siap membantu UMKM memasarkan produknya di pasar global.

Menurutnya, perwakilan perdagangan yang terdiri dari atase perdagangan dan Indonesian Trade Promotion Center (ITPC), siap membantu memfasilitasi UMKM melakukan penjajakan bisnis (business matching) untuk mempertemukan pelaku UMKM dengan buyer potensial.

Bagi yang akan memulai ekspor, menurutnya lagi, Kementerian Perdagangan juga siapkan program pendampingan ekspor (export coaching program).

Adapun program dan pelatihan yang dimiliki Kementerian Perdagangan, di antaranya pengembangan produk (sertifikasi dan pendampingan desain), layanan informasi ekspor (Inaexport & InaDigiExport), kerja sama pengembangan ekspor dengan berbagai lembaga internasional, serta promosi ekspor (pameran dalam dan luar negeri, misi dagang, dan misi pembelian/buying mission).

“UMKM adalah salah satu pilar perdagangan Indonesia. Untuk itu, pemerintah mendukung UMKM untuk terus kreatif, inovatif, responsif, dan adaptif terhadap dinamika perekonomian nasional, maupun global,” kata Jerry pula.

Bagikan Artikel ini
Tinggalkan ulasan

Liputan Khusus

Berita, Update, Preview Pertandingan

selama Piala Dunia 2022 Qatar hanya di LensaUtara.id

adbanner