Sosialisasi Kearsipan Manado, Asisten I: Kita Butuh SDM yang Efisien, Profesional dan Kolektif

David Rumangkang
David Rumangkang
3 menit Membaca
(Foto: david)

Manado, LensaUtara.id – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Pemerintah Kota Manado, menggelar sosialisasi peraturan Walikota Manado nomor 15 tahun 2022 tentang Tata Naskah Dinas dan nomor 59 tahun 2022 tentang Klasifikasi Arsip di lingkungan Pemerintah Kota Manado, yang digelar di Ruang Serbaguna Pemkot Manado, Selasa (28/03).

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Manado Myske R Rumondor, menyampaikan, kegiatan ini menjadi sangat penting, dikarenakan dengan adanya Sosialisasi penggunaan tata naskah dinas dan klasifikasi arsip (Penomoran Surat), maka diharapkan dapat meningkatkan pemahaman kapasitas dan ketrampilan Aparatur Sipil Negara (ASN), dalam pembuatan Naskah Dinas (Format-format Surat) dan Penomoran Surat agar ada keseragaman dalam pemberian nomor Naskah Dinas/ Format Surat dan keseragaman dalam penomoran surat di lingkungan Pemerintah Kota Manado.”

(Foto: david)

Asisten I Pemerintah Kota Manado Heri Saptono mengajak, untuk bersyukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, untuk bisa menyelenggarakan kegiatan Penggunaan Tata Naskah Dinas dan Klarifikasi Arsip dan Sistem Keamanan Kearsipan Akses Arsip Dinamis (SKKAD) Kota Manado.

Terkait Peraturan Daerah (Perda), Saptono juga mengatakan bahwa pada tahun 2022 yang lalu, Walikota Manado telah mengeluarkan 3 Peraturan Kepala Daerah terkait Pedoman Tata Naskah Dinas, Klasifikasi Arsip dan Sistem Keamanan Kearsipan Daerah di Lingkup Pemerintah Kota Manado yang profesional.

” Di era kemajuan teknologi saat ini, peningkatan kualitas dan efisiensi pengelolaan naskab dinas dan arsip menjadi semakin dimungkinkan, melalui pemanfaatan perkembangan teknologi informasi. Saat ini, kita sudah memiliki sistem untuk mengelolah arsip secara lebih efisien. Lalu, kita juga sudah memiliki seperangkat aturan sebagai landasan pelaksanaan pengengelolaan naskah Dinas dan Kearsipan. Selanjutnya yang kita butuhkan adalah ketersediaan Sumber Daya Aparatur Sipil Negara (SDM ASN),” tegas Saptono.

(Foto: david)

Selain pemanfaatan tegnologi dan SDM yang profesional, Saptono juga menekankan akan pentingnya sosialisasi ini untuk kinerja yang berkompen.

” Oleh karena itu saya berharap, para peserta kegiatan dapat mengikuti kegiatan ini dengan saksama. Kemampuan saudara sekalian memiliki andil besar dalam menggerakan roda penyelenggara Pemerintah. Manfaatkanlah kegiatan ini dengan sebaik-baiknya dan kiranya kesungguhan peserta akan menjadi cerminan semangat kolektif kita sekalian untuk mewujudkan Pemerintah Kota Manado yang semakin profesional dan beribawa,” tutup Asisten I Pemerintah Kota Manado Heri Saptono.

Bagikan Artikel ini
Tinggalkan ulasan

Liputan Khusus

Berita, Update, Preview Pertandingan

selama Piala Dunia 2022 Qatar hanya di LensaUtara.id

adbanner