Ad imageAd image

Sanggar Lalendeman Woloan Juara 1 Lomba Maengket Piala Dandim Manado

Armando Loho
Armando Loho
2 menit Membaca
Sanggar Maengket Lalendeman Woloan bersama Ofisial.(Foto: LU-0400)

TOMOHON, LensaUtara.id – Kelompok Maengket dari Sanggar Lalendeman Woloan, Tomohon, berhasil keluar sebagai Juara 1 dalam Lomba Tarian Maengket Kreatif Penyambutan Tamu dan Ceremony yang dilaksanakan Selasa (23/08) oleh Kodim 1309/Manado.

Lomba ini dilaksanakan di Makodim 1309/Manado Jalan Trans Manado-Tomohon kelurahan Winangun.

Sanggar Maengket Lalendeman Woloan bersama Ofisial (kiri), Keysi Wenas Saat Menerima Piala (kanan).(Foto: LU-0400)

Lomba Tarian Adat Minahasa Maengket tersebut memperebutkan Piala Dandim 1309/Manado. Kegiatan tersebut diselenggarakan dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke–77 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI).

Kategori tarian yang dilombakan adalah tarian dengan durasi waktu 5 menit dan 8 menit. Khusus 5 menit ini tujuannya adalah untuk ditampilkan pada acara-acara penyambutan tamu. Selama ini tarian maengket jarang ditampilkan atau digunakan untuk menyambut tamu karena durasi waktunya.

Sementara itu pihak Sanggar Lalendeman Woloan menyatakan bangga dan bersyukur bisa meraih juara.

Torang (kami-red) boleh bersyukur kepada Tuhan sehingga boleh Juara,” tutur Keysi Wenas ketika ditanya lewat pesan WhatsApp.

“Mudah-mudahan lewat kegiatan itu Budaya Minahasa tetap terjaga dan dilestarikan,” sambung Keysi yang adalah ‘Kapel’ andalan dari Sanggar Lalendeman Woloan.

Dengan berhasilnya Sanggar Lalendeman menjadi Juara Maengket maka mereka berhak mendapatkan Piala Tetap Dandim 1309 dan Hadiah uang tunai.

Meski hanya diikuti oleh beberapa Kelompok/Sanggar Maengket di Sulawesi Utara, namun lomba berlangsung dengan sukses dan meriah.

Kota Tomohon Sendiri mengutus 4 perwakilan yaitu dari Maengket Wale Maazani (Tomohon) Pelatih Welly Posumah, Maengket Chrysant (Kakaskasen) Pelatih Keren Mandagi, Maengket Mahraatean (Woloan) Pelatih Theo Rampengan, Maengket Kentur Mahawu (Rurukan) Pelatih Gibson Kapele dan Maengket Lalendeman (Woloan) Pelatih Ventje Langi, Penanggung Jawab Vonny Wengkang.

Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Dandim 1309/Manado Kol. Inf. Daniel E. S. Lalawi bersama sanggar-sanggar dan pelatih maengket di Sulawesi Utara.

Bagikan Artikel ini
Tinggalkan ulasan

Liputan Khusus

Berita, Update, Preview Pertandingan

selama Piala Dunia 2022 Qatar hanya di LensaUtara.id

adbanner