Kota Bitung Raih Penghargaan Mampu Kelola Lingkungan Kota Lebih Baik

Redaksi LensaUtara
Redaksi LensaUtara
2 menit Membaca
Wakil Wali Kota Bitung Hengky Honandar, foto bersama Wakil Presiden Republik Indonesia Prof Dr (HC) K H Ma'ruf Amin dan Menteri Lingkungan Hidup Dr Siti Nurbaya Bakar, usai menerima penghargaan Adipura 2023, di Jakarta, Selasa (5/3/2024).(Foto: ist.)

Bitung, LensaUtara.id – Kota Bitung, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) kembali meraih penghargaan Adipura Kencana karena mampu mengelola lingkungan kota dengan baik di tahun 2023.

“Kota Bitung menerima penghargaan Adipura Kencana dua tahun berturut-turut,” kata Wakil Wali Kota Bitung Hengky Honandar, di Bitung, Rabu.

Dia mengatakan Kota Bitung kembali meraih penghargaan tertinggi dalam kebersihan serta pengelolaan lingkungan perkotaan melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).  

Hengky mengatakan Kota Bitung juga merupakan salah satu dari lima kabupaten dan kota yang memperlihatkan kinerja baik dalam pengelolaan lingkungan hidup.

Lima kabupaten dan kota tersebut yaitu Balikpapan, Surabaya, Bontang, Bitung, dan Kabupaten Ciamis.

Penghargaan Adipura tahun 2023 yang diserahkan Langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Prof Dr (HC) K H Ma’ruf Amin dan Menteri Lingkungan Hidup Dr Siti Nurbaya Bakar, di Jakarta, Selasa.   

Pada Adipura Tahun 2023 telah dilaksanakan pemantauan lapangan terhadap 259 kabupaten/kota se-Indonesia atau kira-kira 50,39 persen dari 514 kabupaten/kota di Indonesia.

Lima kabupaten dan kota tersebut dipilih karena memperlihatkan kinerja pengelolaan lingkungan hidup yang baik berupa pengelolaan sampah dan ruang terbuka hijau. Mereka juga melakukannya dengan cara-cara yang inovatif dan berkelanjutan.

Selain Adipura Kencana, dalam kesempatan itu KLHK juga memberikan penghargaan Anugerah Adipura kepada 106 kabupaten/kota yang mampu memberikan kinerja pengelolaan lingkungan hidup perkotaan yang baik pada 2023.

Wakil Wali Kota Bitung Hengky Honandar didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup Merianti Dumbela, hadir menerima penghargaan bergengsi tersebut.

Bagikan Artikel ini
Tinggalkan ulasan

Liputan Khusus

Berita, Update, Preview Pertandingan

selama Piala Dunia 2022 Qatar hanya di LensaUtara.id

adbanner