Kasdam XIII/Merdeka Sebut Tugas Ops Pamputer Tidaklah Ringan

Redaksi LensaUtara
Redaksi LensaUtara
3 menit Membaca

Manado, LensaUtara.id – Kasdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Lutfhie Beta mengatakan tugas Ops Pengamanan Pulau Terluar (Pamputer) tidaklah ringan.

“Selain kalian dituntut mengamankan wilayah dan menciptakan rasa aman bagi masyarakat, kalian juga harus dapat mengamankan diri sekaligus mampu menyelesaikan tugas pokok satuan,” kata Kasdam mewakili Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Denny Tuejeh, saat memberikan pembekalan kepada Satgas Ops Pamputer Kodam XIII/Merdeka TA 2023 satuan Yonif 714/Sintuwu Maroso Rem 132/Tadulako di wilayah Kodim 1301/Sangihe dan Kodim 1312/Talaud, di Manado, Jumat.

Kegiatan pembekalan Satgas Ops Pamputer tersebut bertujuan untuk memberikan gambaran kepada seluruh prajurit tentang kondisi geografi dan demografi wilayah penugasan.

Dia mengatakan jangan pernah merugikan dan menyakiti hati rakyat.

“Kalian harus selalu hadir di tengah-tengah kesulitan masyarakat, apapun bentuknya, dan senantiasa menjadi solusi,” kata Kasdam.

Pulau-pulau kecil terluar NKRI yang berada di wilayah Kabupaten Kepulauan Sangihe dan Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara, merupakan wilayah yang sangat strategis, karena berbatasan dengan negara tetangga, Filipina.

Wilayah tersebut tentu memiliki potensi kerawanan yang relatif cukup tinggi, antara lain adanya pelintas batas ilegal, adanya pelaku penyeludupan dan perdagangan gelap, khususnya senjata api, amunisi, adanya pelanggaran batas wilayah dan adanya pencurian kekayaan laut.

Untuk itu, katanya hindari segala bentuk pelanggaran dan perbuatan yang tidak terpuji, melanggar hukum selalu bersinergi dengan satuan lainnya dan Polri serta instansi terkait lainnya untuk bersama-sama menjaga kedaulatan dan martabat bangsa.

“Tunjukkan bahwa kalian adalah prajurit Jaya Sakti kebanggaan Kodam XIII/Merdeka yang akan selalu berhasil dan mengharumkan nama satuan dalam melaksanakan tugas negara di manapun dan kapanpun berada,” katanya.

Sebanyak 153 Personel Satgas Ops Pamputer tersebut adalah gabungan diantaranya Yonif 714/Sintuwu Maroso, Kesdam, Hubdam dan Bekangdam XIII/Merdeka yang dipimpin oleh Letda Inf Taufik Andri yang akan menjalani tugas selama satu tahun yang terbagi dalam lima pos atau pulau.

Masing-masing Pulau Miangas, Pulau Marore, Pulai Marampit, Pulai Kawaluso dan Pulau Kabaruan Provinsi Sulut, yang nantinya akan bergabung dan bekerja sama dengan TNI AL di daerah tugas dalam rangka mendukung tugas pokok TNI.

Dalam pengarahan tersebut Kasdam XIII/Merdeka juga melakukan Video Conference kepada Dandim 1301/Sangihe, Dandim 1312/Talaud serta Danyonif 714/Sintuwu Maroso, guna mengecek kesiapan di daerah tugas selaku Komandan kewilayahan teritorial.

Kegiatan dilaksanakan di Makodam XIII/Merdeka tersebut dihadiri Irdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Denny Masengi, Danrem 131/Santiago Brigjen TNI Wakhyono, selaku Dankolakops Satgas, Kapoksahli Pangdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Patar Sahat Panggabean, Para Asisten dan Kabalakdam XIII/Merdeka, Para Kasi Korem 131/Santiago, dan Para Dansat jajaran Kodam XIII/ Merdeka.

Bagikan Artikel ini
Tinggalkan ulasan

Liputan Khusus

Berita, Update, Preview Pertandingan

selama Piala Dunia 2022 Qatar hanya di LensaUtara.id

adbanner