Cuaca Ekstrem Berpotensi Landa Sulut Beberapa Hari ke Depan

Redaksi LensaUtara
Redaksi LensaUtara
2 menit Membaca
BMKG memberikan peringatan cuaca ekstrem.

Manado, LensaUtara.id – Cuaca ekstrem masih berpotensi melanda wilayah Sulawesi Utara beberapa hari ke depan, kata Koordinator Bidang Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Geofisika Manado Ben A Molle, Minggu.

“BMKG mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem hingga 30 April mendatang,” kata Ben di Manado.

Beberapa wilayah di provinsi ujung utara Sulawesi tersebut berpeluang terjadi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang.

“Kami berharap warga tetap waspada. Kami akan terus menyajikan informasi terkini melalui kanal-kanal BMKG,” ujarnya.

Dia menyebutkan, suhu muka laut atau “Sea Surface Temperature” (SST) dengan anomali +0,0 derajat Celsius hingga +2,0 derajat Celsius yang dapat meningkatkan potensi penguapan (penambahan massa uap air) di sekitar Laut Sulawesi.

“Analisis kondisi lokal menunjukkan indeks labilitas yang kuat dan mendukung proses terbentuknya awan konvektif skala lokal di wilayah Sulut,” katanya.

Pada Senin (24/4), wilayah berpotensi hujan sedang hingga lebat yaitu Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, sementara pada 25-26 April diperkirakan tidak ada potensi cuaca ekstrem.

Pada Kamis (27/4), wilayah Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Selatan, Kabupaten Minahasa Tenggara, dan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan berpotensi dilanda cuaca ekstrem.

Pada Jumat (28/4), cuaca ekstrem berpotensi terjadi di Kota Tomohon, Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Selatan, Kabupaten Minahasa Tenggara, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, dan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur.

Selanjutnya, pada Sabtu (29/4), cuaca ekstrem diprediksi terjadi Kota Kotamobagu, Kabupaten Bolaang Mongondow, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, dan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, sedangkan keesokan harinya berpeluang terjadi di Kabupaten Bolaang Mongondow dan Kabupaten Bolaang Mongondow Utara.

Bagikan Artikel ini
Tinggalkan ulasan

Liputan Khusus

Berita, Update, Preview Pertandingan

selama Piala Dunia 2022 Qatar hanya di LensaUtara.id

adbanner