Angka Harapan Hidup Kota Tomohon Tertinggi di Sulut

Jeffry Pay
Jeffry Pay
3 menit Membaca
Salah satu sudut Kota Tomohon.(Foto: ist.)

TOMOHON, LensaUtara.id – Kota Tomohon di Provinsi Sulawesi Utara pada tanggal 27 Januari 2023 genap berusia 20 tahun. Satu kebanggaan, kota Tomohon berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Sulut, merupakan kota yang paling tinggi Angka Harapan Hidup-nya di Sulawesi Utara.

Sebagaimana diketahui di Sulawesi Utara terdapat 15 Kabupaten/Kota. Data BPS Sulut menunjukkan Angka Harapan Hidup Kota Tomohon sampai akhir tahun 2022 tercatat 72,44. Artinya rata-rata usia orang di Tomohon mencapai 72 tahun lebih.

Sebelum tahun 2003, Tomohon merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Minahasa. Dalam perkembangannya, Tomohon mengalami kemajuan, sehingga ada aspirasi dari warga Tomohon untuk meningkatkan status Tomohon menjadi sebuah kota.

Tomohon menjadi daerah otonom (kota) dengan disahkannya Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2003 tentang Pembentukan Kabupaten Minahasa Selatan dan Kota Tomohon di Provinsi Sulawesi Utara oleh DPR RI. Undang-Undang No 10 Tahun 2003 itu diterbitkan tanggal 27 Januari tahun 2003. Sehingga tanggal diterbitkannya Undang-Undang itulah dijadikan patokan HUT Kota Tomohon. Tetapi peresmiannya baru pada tanggal 4 Agustus 2003.

Data Angka Harapan Hidup 15 Kabupaten/Kota di Sulut.(Foto: ist.)

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik kota Tomohon tahun 2021, jumlah penduduknya taun 2020 berjumlah 100.587 jiwa, dengan kepadatan 683 jiwa/km2.

Kota Tomohon memiliki banyak julukan. Ada yang menyebut Kota Bunga, Kota Siswa, Kota Pariwisata, Kota Religius, dan juga Kota Holtikultura.

Tomohon terus mengalami kemajuan dari tahun ke tahun. Dan karena itu mempengaruhi angka harapan hidup.

Angka Harapan Hidup merupakan alat untuk mengevaluasi kinerja pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan penduduk pada umumnya, dan meningkatkan derajat kesehatan pada khususnya.

Angka Harapan Hidup yang rendah di suatu daerah harus diikuti dengan program pembangunan kesehatan, dan program sosial lainnya termasuk kesehatan lingkungan, kecukupan gizi dan kalori termasuk program pemberantasan kemiskinan.

Angka Harapan Hidup (AHH) merupakan salah satu indikator yang digunakan untuk menilai derajat
kesehatan penduduk. Menurut BPS, angka harapan hidup pada saat lahir (life expectancy at birth) ialah rata-rata tahun hidup yang akan dijalani oleh bayi yang baru lahir pada suatu tahun tertentu.

Angka Harapan Hidup di suatu wilayah berbeda dengan wilayah lainnya tergantung dari kualitas hidup yang mampu dicapai oleh penduduk. Banyak faktor yang mempengaruhi Angka Harapan Hidup. Di Provinsi Sulawesi Utara dan lebih khusus di Kota Tomohon. Faktor-faktor itu meliputi faktor sosial, ekonomi, kesehatan, pendidikan, dan lingkungan. Dari faktor-faktor ini, Kota Tomohon memang memiliki keunggulan.

Dari segi sosial, masyarakatnya yang pluraral memiliki etos kerja yang tinggi. Dan karena itu sangat mempengaruhi pertumbuhan ekonominya. Lihat saja geliat ekonomi di Tomohon, telah tumbuh banyak pusat-pusat perdagangan, pertokoan, kuliner, dan juga pariwisata, serta pasar yang ramai.
Begitu pula pendidikannya, dimana banyak fasilitas sekolah, mulai dari pendidikan dasar sampai Perguruan Tinggi.

Di bidang kesehatan, juga tersedia beberapa rumah sakit swasta dan pemerintah. Ditambah dengan beberapa Puskesmas dan dokter praktik. Dengan pertumbuhan ekonomi yang pesat, tentu saja mempengaruhi derajat kesehatan.

Kota yang sejahtera adalah kota yang sehat.

Bagikan Artikel ini
Tinggalkan ulasan

Liputan Khusus

Berita, Update, Preview Pertandingan

selama Piala Dunia 2022 Qatar hanya di LensaUtara.id

adbanner