Pemkab Apresiasi Pemulihan Kelistrikan Sangihe

Manado, LensaUtara.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sangihe mengapresiasi upaya PT PLN dalam memulihkan sistem kelistrikan di Kabupaten Kepulauan Sangihe, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

“PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Tahuna terus melakukan upaya perbaikan dan peningkatan keandalan imbas gangguan kelistrikan yang terjadi sejak September 2023,” kata Muhammad Taufik, Manager PLN UP3 Tahuna, di Manado, Senin.

Muhammad Taufik menjelaskan bahwa PLN berkomitmen penuh dalam percepatan perbaikan pada mesin pembangkit dan jaringan listrik di Sangihe.

“Kami mengawal setiap tahap perbaikan yang ada, terutama di PLTD Tahuna dan PLTD Tamako,” kata Taufik.

“Kami telah berhasil memobilisasi tiga unit genset mobile dengan kapasitas 2×200 kW dari PLN UP3 Gorontalo dan 1×100 KW dari PLN UP3 Kotamobagu, serta beberapa unit mesin pembangkit yang berhasil dipulihkan dan kembali beroperasi secara bertahap,” ujar Taufik.

Hal itu tentunya menjadi pencapaian positif atas berbagai upaya yang sudah dilakukan oleh PLN yang langsung diapresiasi oleh Penjabat Bupati Kepulauan Sangihe dr Rinny Tamuntuan.

“Kami mendukung penuh upaya PLN untuk terus berjuang menormalkan kembali listrik yang ada di Sangihe,” ujar Rinny.

“Dengan beroperasinya kembali mesin pembangkit KIP 1 Unit 1 dan PLTD Tahuna Unit 9, akan sangat memperkuat keandalan listrik Sangihe. Saat ini, kami sedang merelokasi tambahan mesin dari Ambon berupa tiga unit mesin dengan kapasitas 3×650 KW, yang diperkirakan akan tiba di Pelabuhan Nusantara Tahuna dalam waktu dekat,” kata Taufik pula.

Dalam pekerjaan perbaikan yang ada, PLN menerjunkan puluhan petugas yang bekerja siang dan malam untuk memastikan tidak ada hambatan dalam rencana perbaikan yang telah disusun.

Pekerjaan dilaksanakan oleh tim gabungan PLN yang terdiri dari Tim Pemeliharaan PLN UID Suluttenggo, Tim Perbaikan PLN UP3 Tahuna, serta berkolaborasi dengan Sub Holding PLN Nusantara Power.

“Kami memohon doa dari semua pihak agar setiap pekerjaan perbaikan yang dilaksanakan dapat berjalan dengan baik, sehingga aktivitas masyarakat dapat kembali normal,” ujar Taufik.

General Manager PLN UID Suluttenggo Ari Dartomo mengatakan terkait upaya PLN dalam menormalkan kembali sistem kelistrikan Sangihe.

“PLN Suluttenggo tentu saja berkomitmen penuh dan terus bersinergi dengan semua pihak, baik dengan pemerintah, TNI/Polri, hingga masyarakat luas agar dapat mempercepat upaya perbaikan yang ada,” ujar Dartomo.

Untuk memudahkan layanan kelistrikan dan menjaga masyarakat dari potensi bahaya listrik, masyarakat dapat memanfaatkan Aplikasi PLN Mobile yang tersedia untuk diunduh melalui Play Store dan App Store. Aplikasi PLN Mobile memungkinkan masyarakat untuk mengakses informasi dan layanan PLN dengan mudah.

Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *