PLN Suluttenggo Ingatkan Masyarakat Waspada Penipuan

Manado, LensaUtara.id – GM PLN Sulawesi Utara Sulawesi Tengah Gorontalo (Suluttenggo) Ari Dartomo mengingatkan pelanggan dan masyarakat agar mewaspadai penipuan yang mengatasnamakan PLN.

“Kami mengimbau masyarakat untuk waspada terhadap segala bentuk penipuan mengatasnamakan PLN,” kata Ari, di Manado, Senin.

Dia mengatakan untuk kenyamanan dan keamanan pelanggan, PLN menyediakan semua layanan secara terpusat melalui aplikasi PLN Mobile.

Ia menjelaskan belakangan ini marak terjadi penipuan dengan berbagai modus, seperti mengunduh aplikasi tertentu, survei berhadiah hingga layanan yang mengaku petugas PLN yang datang ke rumah kemudian meminta biaya-biaya di luar ketentuan.

“Kami mengimbau agar masyarakat berhati-hati atas tawaran pihak tertentu dan meminta sejumlah biaya atau bayaran,” katanya.

PLN, katanya, tak pernah memungut biaya layanan selain yang tertera di aplikasi dan seluruh transaksi pembayaran saat ini terpusat lewat sistem digital melalui Payment Point Online Bank (PPOB).

Modus terbaru, ada pihak yang mengaku sebagai petugas PLN dan melampirkan semacam bukti penggantian nomor ID pelanggan untuk kemudian dilunasi oleh pelanggan. PLN memastikan bahwa pihak tersebut bukan dari PLN.

“Sebab, semua keluhan dan kebutuhan pelanggan bisa diselesaikan melalui PLN Mobile melalui nomor register sesuai dengan jenis pelayanan kelistrikan yang dimohon oleh pelanggan,” ujarnya.

PLN juga tidak pernah menawarkan jasa layanan ke rumah warga ke pelanggan seperti penggantian kWh meter, penjualan box kWh meter atau pemasangan baru dengan transaksi pembayaran langsung di rumah pelanggan.

“Petugas PLN tidak meminta biaya atas layanan yang diberikan secara langsung, semua transaksi pembayaran melalui sistem PPOB, tidak ada pembayaran di rumah pelanggan,” ujarnya.

Untuk mencegah penipuan, PLN mengimbau masyarakat untuk memperhatikan kelengkapan atribut petugas resmi PLN.

Menurutnya, petugas PLN selalu dibekali surat tugas, menggunakan tanda pengenal, alat pelindung diri (APD) dan seragam kerja selama bertugas.

Ia melanjutkan, jika di lapangan masyarakat menemukan oknum yang mengaku petugas PLN dan meminta pembayaran di tempat, masyarakat jangan ragu melaporkannya melalui PLN Mobile atau Contact Center PLN 123.

Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *