PLN Tingkatkan Keandalan Listrik Kembangkan Teknologi Digital Suluttenggo

Manado, LensaUtara.id – PLN terus meningkatkan keandalan listrik dalam upaya mendukung perkembangan teknologi digital di Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah dan Gorontalo (Suluttenggo).

“Kami memahami bahwa pengembangan teknologi digital menjadi poros utama dalam membangun pelayanan yang berkelanjutan dan efisien khususnya untuk keandalan listrik yang ada,” kata General Manager PLN Unit Induk Distribusi UID Suluttenggo Ari Dartomo, di Manado, Senin.

Dia mengatakan hal ini pun direalisasikan dengan pengembangan pada Master Station Distribution Control Center (DCC) Kelistrikan Gorontalo.

“Salah satunya adalah kehandalan kinerja SCADA atau Supervisory Control and Data Acquisition yang merupakan salah satu kunci dalam menjaga kehandalan dan ketersediaan pasokan listrik dalam proses bisnis PLN,” kata Dartomo.

Sebagian besar pengaturan distribusi tenaga listrik dilakukan menggunakan SCADA. Sehingga apabila terjadi gangguan SCADA maka akan menghambat pengaturan distribusi tenaga listrik dan mempengaruhi pendapatan bahkan citra PLN,” jelas Dartomo.

Dengan ini diharapkan keandalan Sistem SCADA dapat meningkat sehingga kontinuitas ketersediaan listrik ke pelanggan dapat terjaga dan menurunkan jumlah gangguan listrik pada pelanggan.

Manager PLN UP2D Suluttenggo Lalla mengungkapkan rasa syukur atas pengembangan Master Station DCC Gorontalo dapat selesai tepat waktu.

“Peningkatan ini menjadi lompatan besar bagi operasional kelistrikan di Suluttenggo khususnya di daerah Gorontalo, namun kita tidak berhenti berinovasi untuk terus meningkatkan pelayanan terbaik PLN,” ujar Lalla.

Ia pun menyebutkan beberapa hal yang menjadi peningkatan besar pada sistem kelistrikan yang ada pasca rampungnya Master Station DCC Gorontalo.

“Diantaranya kualitas pelayanan operasional SCADA, kuantitas ketersediaan listrik, kontinuitas distribusi listrik, fungsi pelaporan, serta analisa dan evaluasi sistem distribusi menjadi semakin baik,” ungkap Lalla.

PLN juga terintegrasi dengan pilar Customer Focused, di mana PLN berusaha memberikan layanan terbaik dan berkualitas dengan pengalaman menggunakan listrik yang tidak hanya bersih tapi juga mudah untuk diakses secara online melalui aplikasi PLN Mobile, yang dapat diunduh gratis dari Play Store dan App Store.

Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *