7 Tanda Orang Punya Intuisi Tinggi dan 4 Zodiak Terkuat

  • Whatsapp

Lensautara.id, Jakarta – Intuisi adalah sebuah suara kecil dalam hati yang mungkin mengantarkan Anda menjauh sedikit dari pemikiran logis. Sebuah perasaan yang misterius, kuat, tapi aneh yang juga sulit dipungkiri.

Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa intuisi dapat membantu seseorang dalam mengambil keputusan yang benar.

Dalam kegiatan sehari-hari mungkin ada keputusan yang perlu dibuat, meskipun sudah begitu banyak informasi konkret, kadang hati tetap berkata lain.

Isu tentang intuisi sudah diperdebatkan oleh para filsuf dan ilmuwan sejak zaman Yunani kuno dan baru saat ini para peneliti mengetahui bagaimana intuisi terbentuk dan dari mana asalnya.

Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa intuisi dapat membantu seseorang dalam mengambil keputusan yang benar.

Contohnya, Penelitian yang dilakukan pada tahun 1980an yang melibatkan para perawat sebagai respondennya, menunjukkan bahwa perawat yang telah bekerja dalam waktu yang lebih lama, dapat membuat keputusan yang cepat tetapi hasilnya baik dan benar. Pada penelitian tersebut, munculnya keputusan yang cepat disebut dengan intuisi.

Dari berbagai penelitian tersebut, para ilmuwan menyimpulkan bahwa seseorang yang menentukan pilihan dengan cepat dan menggunakan intuisinya lebih sering menghasilkan keputusan yang tepat.

Dari mana intuisi berasal?

Di dalam otak, terdapat dua tipe sistem berpikir, yaitu sistem sadar dan sistem tidak sadar (bawah sadar). Bagian otak yang mengatur sistem sadar manusia adalah otak kiri dan sistem ini bekerja secara lebih lambat, menjadi pusat analisis, rasional, bekerja berdasarkan fakta dan pengalaman yang pernah terjadi, serta semua yang dikerjakan sistem ini diketahui oleh Anda. Sementara sistem bawah sadar atau tidak sadar, diatur oleh otak kanan, bekerjanya tidak diketahui secara sadar, dan menghasilkan respon yang cepat.

Lalu bagaimana dengan intusi?

Intuisi diatur oleh sistem bawah sadar Anda. Intuisi sebenarnya juga berasal dari informasi atau pengalaman yang pernah Anda alami sebelumnya, namun informasi tersebut berada di alam bawah sadar Anda. Ketika intuisi muncul maka keputusan itu adalah keputusan yang muncul dari alam bawah sadar Anda. Sehingga, intuisi muncul tanpa Anda harus berpikir dengan matang dan menganalisis semua kejadian yang pernah terjadi, tiba-tiba muncul begitu saja.

Apakah saya harus mempercayai intuisi?

Banyak orang yang meremehkan intuisi. Padahal dari berbagai penelitian yang telah dilakukan, menunjukkan bahwa intuisi dapat menjadi jawaban yang terbaik dan benar jika Anda bisa mengasahnya. Ya, intuisi juga perlu diasah. Menurut para peneliti, intuisi akan berubah menjadi lebih baik seiring dengan bertambahnya waktu dan tergantung dengan seberapa sering Anda menggunakannya.

Alasan mengapa Anda perlu mempertimbangkan intuisi adalah karena intuisi sering kali ‘tahu’ apa yang terbaik untuk Anda walaupun tidak bisa dimengerti dan dianalisis secara sadar. Para ahli bahkan menyatakan bahwa sistem alam bawah sadar Anda sudah mengetahui jawaban yang benar sebelum sistem sadar mengetahuinya. Sehingga, jangan pernah meremehkan intuisi yang muncul ketika Anda berada di bawah pilihan yang sulit. Terkadang intuisi mengetahui apa yang harus Anda pilih dibandingkan dengan analisis Anda yang membutuhkan waktu yang lama.

7 Tanda Nyata Orang yang Punya Intuisi Tinggi

Seorang yang punya intuisi tinggi itu lebih bisa mengontrol keadaan dibanding yang tidak. Terkadang, kamu mungkin gak sadar kalau sebenarnya kamu punya intuisi tinggi dan hanya menganggapnya sebagai firasat belaka. Padahal, kalau kamu mau mengikuti intuisimu, bisa jadi kamu terhindar dari masalah. Ini lho 7 tanda nyata kalau kamu punya intuisi tinggi.
Penasaran? Cek aja!

1. Kamu lebih sensitif dari orang lain

Orang dengan intuisi tinggi biasanya lebih sensitif atau peka dibanding yang lain. Untuk itu, kamu yang memiliki ini bisa lebih dulu tahu saat ada masalah dengan orang lain. Nantinya, orang tersebut malah akan heran darimana kamu tahu masalah yang dia punya.

2. Kamu lebih menggunakan perasaan

Intuisi tinggi atau yang sering disebut firasat memang lebih menggunakan perasaan daripada pemikiran. Oleh karena itu, kamu jadi lebih peka dan perasa terhadap hal-hal aneh yang terjadi di sekitarmu.

3. Kamu bisa merasakan dengan jelas emosi yang dirasakan orang lain

Karena kamu memiliki intuisi yang kuat, kamu cenderung bisa tahu saat orang lain sedang senang atau sedih. Tidak perlu mendengar ceritanya, dari raut wajahnya saja kamu sudah bisa menebak apa yang orang itu rasakan.

4. Kamu cenderung membutuhkan lebih banyak waktu sendiri untuk berpikir

Orang yang punya intuisi tinggi tidak terlalu suka banyak bicara dan menghabiskan waktu dengan orang banyak. Dia lebih memiliki untuk sendiri dan memikirkan tentang kemungkinan kebenaran intuisi yang dia rasakan.

5. Saat baru pertama kenal dengan orang, kamu merasakan ketidaksukaan tanpa alasan

Seseorang dengan intuisi tinggi bisa menangkap aura. Seperti halnya kamu yang tahu perasaan orang lain sedang senang atau sedih, kamu juga bisa merasakan ketidaksukaan pada orang tertentu yang baru pertama kamu temui. Kamu bahkan tidak tahu apa alasannya. Jangan diabaikan, bisa jadi intuisimu itu benar dan dia memang bukan orang yang baik.

6. Kamu mengambil keputusan dengan mempertimbangkan dampak untuk orang lain

Kamu tidak akan asal memutuskan sesuatu. Kamu akan berkali-kali memikirkan tentang dampaknya bagi orang lain itu seperti apa. Karena kamu lebih sensitif, tentu menyakiti orang lain akan menjadi pilihan terakhirmu.

7. Pernah bermimpi tentang sesuatu kemudian jadi kenyataan

Biasanya, kamu pernah bermimpi tentang suatu hal namun kemudian mimpi itu menjadi nyata. Walau tidak persis seperti apa yang kamu impikan, tapi secara garis besar makna di dalam mimpimu dan dalam kenyataan itu sama. Itu karena kamu memiliki intuisi yang kuat.

Jadi dari semua tanda di atas, apakah kamu termasuk orang berintuisi tinggi?

Intuisi memang sedikit sulit dijelaskan, tapi You Know When You Know. Suara kecil dalam hati ini sering kali menyelamatkan kalian dari situasi-situasi buruk.

Seperti dilansir The F Thing, ada beberapa zodiac yang tampaknya diberikan berkat lebih untuk memiliki intuisi kuat.

1. Cancer (June 21 – July 22)

Para Cancer bisa menebak kalau orang sekitar mereka sedang merasa buruk meskipun ngga ada tanda-tanda. Mereka terbiasa dengan mengendalikan perasaan jadi, untuk mengetahui perasaan orang lain akan mudah rasanya meskipun perasaan itu terselubung. Jika seorang Cancer percaya padamu, artinya mereka sudah yakin dari dalam hati.

2. Aquarius ( Jan 20 – Feb 18 )

Aquarius memiliki prespektif jangka panjang. Mereka selalu selangkah lebih depan dan futuristik. Pemikiran yang jauh dan intuisi yang kuat membuat mereka percaya diri akan hal hal janggal yang ada dan tidak takut untuk mengutarakannya.

3. Pisces ( Feb 19 – Mar 20 )

Mereka sangat sensitif dan akan merasakan sesuatu meskipun sangat kecil skalanya. Pisces bisa tau ada sesuatu yang kurang disaat tidak ada yang merasakannya. Mereka paham kalau kenyataan kadang jauh dari kebenaran dan misterius secara natural. Dengan ini intuisi mereka pun terasah.

4. Scorpio ( Oct 23 – Nov 21)

Scorpio akan melihatmu bukan hanya melalui mata tapi sampai ke hati dan jiwa. Mereka akan mencari tau apa yang salah dan janggal. Mudah bagi mereka untuk melepaskan pikiran logik dan menggunakan perasaan untuk melakukan keputusan.

 

Berbagai Sumber

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *