Jangan Jadikan Covid-19 Untuk Menjatuhkan Pemerintah

  • Whatsapp
Ilustrasi Covid-19

Oleh : Gerry habel hukubun. SE

Lensautara.id, Jakarta – Dalam sebulan terakhir, negara kita diperhadapkan dengan masalah covid-19 yang menimbulkan berbagai reaksi dari semua pihak.

Bacaan Lainnya

Saya tertarik untuk memberikan komentar terhadap pihak-pihak yang terkesan menyalahkan pemerintah dalam menangangi masalah tersebut.

Sebutlah dari desakan lockdown sampai tindakan yang dimana seakan-akan pemerintah Indonesia tidak melakukan secara maksimal.

Apakah negara kita tidak siap dalam sisi ekonomi untuk menghadapi covid-19? Iya betul sekali. Apakah itu adalah kesalahan pemerintah? Jawabannya tidak

Apakah anda sebagai pihak-pihak yang sering menyalahkan pemerintah sadar bahwa lebih dari 50℅ masyarakat di jabodetabek khususnya, mempunyai penghasilan hanya perhari. Artinya sehari kerja sehari dapat makan

Jika pemerintah meminta bantuan swasta untuk berperan aktif memberikan bantuan atau subsidi dari yang kaya ke yang miskin, menurut saya itu adalah salah satu upaya maksimal yang bisa dilakukan pemerintah saat ini. Karena dengan kondisi negara kita, kita tidak bisa seolah-olah sama kondisinya seperti china atau amerika.

Upaya pemerintah mendatangkan bantuan dari luar, mengambil Wisma atlit untuk pasien positif covid-19 sampai mendistribusikan semua APD ke setiap rumah sakit disemua daerah, menurut saya adalah upaya yang sudah sangat maksimal

Karena memang inikah kondisi negara kita. Dan wabah covid-19 sudah ditetapkan sebagai wabah epidemic artinya ini satu tingkat di atas bencana nasional. Ini adalah bencana luar biasa yang dialami satu bumi ini.

Anggota Dewan Kehormatan partai Hanura

Negara kita bukan negara adidaya seperti Amerika atau negara berkekuatan ekonomi superbody seperti china. Kita adalah negara besar yang masih dalam proses berkembang dan masih membutuhkan banyak hal termasuk dukungan dari semua pihak. Termasuk pihak-pihak kalian yang suka menyalahkan pemerintah. Bisakah kita bayangkan jika dalam kondisi seperti ini semua pihak bersatu dan sama-sama mencari solusi untuk mengatasi masalah ini?

Pihak-pihak tertentu berkomentar bahwa negara tidak siap dalam bencana epidemic ini? Jawabannya adalah memang betul negara tidak siap. Namun negara lagi berusaha semaksimal mungkin untuk bisa mengatasi masalah covid-19 ini. “Tanggung jawabmu sebagai anak negeri adalah ikut membantu negara dalam mengatasi masalah ini bersama-sama.” Bukan malah menyalahkan negara dan pemerintah.

Saran saya buat semua pihak yang memberikan komentar seakan-akan negara tidak siap atau pemerintah tidak serius, sebaiknya lakukan sesuatu yang lebih berguna. Misalnya turun di masyarakat atau memberikan bantuan ke pemerintah atau masyarakat. Itu akan jauh lebih berarti daripada hanya sibuk menyalahkan pemerintah kita saat ini.

Dan untuk pihak-pihak yang mempunyai misi tertentu, terutama misi politik. Ingin melihat negara ini kacau dan pemerintah saat ini disalahkan dan dikambinghitamkan, sebaiknya ditunda dulu agendanya. Karena ini bencana epidemic. Melibatkan seluruh manusia dimuka bumi ini termasuk di Indonesia. Seharusnya kita mempunyai hati nurani yang lebih untuk melihat semua itu dibandingkan dengan hanya mengambil keuntungan dibalik kesusahan semua saudara-saudara kita saat ini. Ibu pertiwi sedang menangis. Jangan kita tertawa dibalik tangisan itu.

Penulis adalah Dewan Kehormatan Hanura

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *