Hormati Jusuf Kalla Purnatugas, Jokowi Sisipkan Peribahasa Bugis

  • Whatsapp
Presiden Joko Widodo dan Mantan Wakil Presiden Muhammad Jusuf Kalla-Ist

Lensautara.id, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden KH. Ma’ruf Amin telah dilantik oleh Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), Minggu, 20/10/2019.

Pasca pelantikan tersebut, Jokowi menyisipkan peribahasa suku Bugis dalam pidato perdananya.

Bacaan Lainnya

Peribahasa bugis tersebut ditujukan untuk Mantan rekan duetnya sebagai Wakil Presiden ke 10 dan ke 12 Muhammad Jusuf Kalla. Sebab, tepat pada Minggu akhir pekan lalu menjadi hari terakhir Jusuf Kalla purna tugas.

Jusuf Kalla sendiri diketahui memiliki latar belakang sebagai trah keluarga Kalla seorang saudagar bugis.

“Pura babbara sompekku… Pura-pura tangkisi’ golikku.. Layarku sudah terkembang, Kemudiku sudah terpasang… Kita bersama menuju Indonesia maju,” kata Jokowi sambil ditutup tepuk tangan hadirin di Gedung MPR/DPR.

Sebelum peribahasa itu dilantunkan, dengan ucapan kata pamit di dalamnya. Jokowi menghaturkan terimakasih dan mengapresiasi atas jasa yang dilakukan Jusuf Kalla dalam kabinetnya selama lima tahun terakhir.

Kalimat perpisahan kepada Jusuf Kalla dituturkan semata-mata rasa terimakasih Jokowi karena sudah bersama-sama sejak 20 Oktober 2014 lalu sampai 20 Oktober 2019.

“Para hadirin dan seluruh rakyat Indonesia yang saya muliakan. Pada kesempatan yang bersejarah ini, perkenankan saya, atas nama pribadi. Atas nama Wakil Presiden K.H Ma’ruf Amin dan atas nama seluruh rakyat Indonesia menyampaikan terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Bapak Muhammad Jusuf Kalla yang telah bahu-membahu menjalankan pemerintahan selama lima tahun terakhir,” tutur Jokowi.

Menutup pernyataan tersebut, semua mata kamera pewarta menuju Jusuf Kalla. Dari kamera tersebut terekam ekspresi Jusuf Kalla dipenuhi wajah bahagia karena tersikap senyum yang menghiasi wajahnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *